Kamis 23 Feb 2023 13:30 WIB

Saat Ramadhan, Sekolah di UEA Terapkan Aturan Baru

Sekolah di UEA terapkan aturan baru saat Ramadhan.

Rep: Mabruroh/ Red: Muhammad Hafil
Saat Ramadhan, Sekolah di UEA Terapkan Aturan Baru. Foto: Anak sekolah di Dubai
Foto: emirates247
Saat Ramadhan, Sekolah di UEA Terapkan Aturan Baru. Foto: Anak sekolah di Dubai

REPUBLIKA.CO.ID, ABU DHABI — Bulan suci Ramadhan, yang akan dimulai tidak kurang dari 30 hari lagi. Dengan jam kerja yang lebih pendek, umat Islam menggunakan waktu ekstra yang mereka dapatkan untuk berdoa dan memperbanyak ibadah lainnya.

Begitu juga dengan kegiatan belajar mengajar di sekolah. Selama Ramadhan, kegiatan pembelajaran akan berakhir setelah lima jam.

Baca Juga

Namun, karena tahun ini, liburan musim semi dan akhir semester di sekolah akan bertepatan dengan dimulainya bulan suci. Ini berarti sebagian besar siswa akan mendapatkan libur hingga dua pekan selama bulan puasa.

“Bisanya kami belajar dari jam delapan pagi sampai jam satu siang setiap hari. (Ramadhan) Sekolah biasanya menawarkan pilihan, dapat dimulai kapan saja dari jam 8 pagi sampai jam 9 pagi, dan berakhir antara jam satu siang dan dua siang, selama hari itu maksimal lima jam,” kata Kepala sekolah Uptown International School, Rob Commons, dilansir dari Khalej Times, Kamis (23/2/2023)

Asisten kepala sekolah sekaligus kepala Studi Arab dan Islam, di Gems Royal Dubai School, Mohamed Abdulla, mengatakan selama Ramadhan, siswa akan mulai dari jam delapan pagi sampai jam satu siang dari Senin sampai Kamis, dan jam delapan pagi sampai jam 11.30 pagi pada hari Jumat.

Menurut Rob, siswa akan memiliki enam pelajaran 40-menit sehari, dengan waktu istirahat dan makan siang yang dipersingkat. Dia mencantumkan perubahan lain yang akan terjadi di sekolah:

Pelajaran berenang akan ditiadakan. Pelajaran olahraga berlanjut, siswa yang berpuasa tidak harus mengambil bagian dalam aktivitas fisik.

Pelajaran musik akan menjadi sebagian besar berbasis teori. Kantin sekolah akan ditutup, sehingga siswa yang lebih muda yang berpuasa tidak harus melihat orang lain yang mungkin makan.

Orang tua akan didukung dengan area khusus di mana mereka bisa menunggu. Ruang indoor, ber-AC akan disediakan untuk siswa yang berpuasa saat istirahat dan makan siang.

Kepala Sekolah, American School for Girls, Lisa Johnson menambahkan, Ramadhan adalah waktu di mana kita fokus memperbanyak membaca Alquran dan amal- amal baik lainnya. Kegiatan di sekolah pun, sedikit lebih santai karena sebagian besar siswi, bahkan beberapa siswa sekolah dasar, mengikuti puasa Ramadhan.

“Kami juga memiliki banyak anggota staf, baik Muslim maupun non-Muslim, yang mengamati puasa untuk pertumbuhan spiritual dan (untuk) mendukung siswa kami,” kata Lisa.

Sekolah biasanya tidak menjadwalkan ujian atau penilaian internal selama bulan suci. Wakil kepala sekolah dan pemimpin pengamanan yang ditunjuk, Gems Modern Academy, Sydney Michael Atkins, mengatakan penilaian yang sedang berlangsung akan berlanjut. "Pemeriksaan ICSE dan ISC Council sedang berlangsung hingga 31 Maret."

Rob mengatakan ini akan menjadi tahun pertama sejak 2015 bahwa bulan suci berada di luar periode pemeriksaan eksternal. "Jadi, untuk tahun ini, kita dapat yakin bahwa tidak ada ujian sama sekali selama bulan Ramadhan."

Menurut Lisa, sekolahnya mengurangi frekuensi dan durasi penilaian selama bulan suci. “Kami telah mengatur kalender kami untuk memastikan bahwa ujian berbobot berat tidak diadakan selama periode ini. Selain itu, kami telah memodifikasi peta kurikulum untuk mengurangi jumlah konsep baru yang diperkenalkan selama periode ini, memilih untuk fokus pada proyek dan meninjau standar yang diajarkan sebelumnya. Banyak guru juga akan menggunakan tugas kelas terbalik, menyediakan video yang dapat ditinjau siswa di malam hari setelah mereka beristirahat dan atau berbuka puasa,” kata Lisa.

Sumber:

https://www.khaleejtimes.com/ramadan/ramadan-2023-in-uae-9-changes-in-schools-during-the-holy-month

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement