Kamis 09 Feb 2023 19:58 WIB

Hari Pers Nasional 2023, AGP/AG Group Dukung Media-Media Bertanggung Jawab

Peringatan HPN dengan tema 'Pers Merdeka, Demokrasi Bermartabat'.

Pelaksanaan peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2023 yang digelar pada di Medan, Sumatra Utara, Kamis (9/2/2023).
Foto: Dok. Web
Pelaksanaan peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2023 yang digelar pada di Medan, Sumatra Utara, Kamis (9/2/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Artha Graha Peduli (AGP) dan Artha Graha Group mendukung penuh pelaksanaan peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2023 yang digelar pada di Medan, Sumatra Utara, Kamis (9/2/2023). Peringatan HPN dengan tema 'Pers Merdeka, Demokrasi Bermartabat' sangat aktual untuk masa kini. Demikian juga pilihan panitia menetapkan harimau sebagai maskot tahun ini yang memiliki makna sebagai fauna Sumatra yang dilindungi.

“Rangkaian HPN 2023 sejak 7-12 Februari 2023 sangat berguna bagi insan pers serta daerah untuk mempromosikan daerah yang dikunjungi wartawan dari seluruh Indonesia,”  kata Ketua Umum AGP Heka Hertanto di Jakarta, Kamis (9/2/2023).

Baca Juga

Heka menyatakan, AGP terpanggil untuk selalu mendukung insan pers berkembang, tumbuh dan menjunjung nilai-nilai kebebasan yang bertanggung jawab dalam penulisan di media. "Mengutip pernyataan Presiden RI bapak Joko Widodo ketika menerima anggota Dewan Pers pada Senin lalu yakni memberi pesan kepada insan pers  jangan cuma bicara kebebasan, tapi harus bertanggung jawab," kata di.

Kemerdekaan pers sudah  dijamin Undang-Undang No.40 Tahun 1999 tentang Pers. Kini, yang diperlukan sekarang adalah pers yang bertanggung jawab berdasarkan prinsip dan etika jurnalistik.

 

“Pesan Jokowi sangat relevan dan bagus. Dewan Pers menemukan banyak pelanggaran produk jurnalistik. Selama 2022, ada 691 laporan yang masuk ke Dewan Pers. Artha Graha Peduli  bekerjasama dengan organisasi wartawan menfasilitasi pelatihan dan uji kompetensi wartawan,” ungkap Heka.

Seperti dilansir dari Antara, hari ini, Kamis (9/2/2023), Jokowi menghadiri langsung Puncak Peringatan HPN 2023 di Gedung Serbaguna Pemerintah Provinsi Sumatra Utara, Kabupaten Deli Serdang.  Acara ini dihadiri oleh sekitar tujuh ribu peserta dari seluruh  Indonesia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement