Rabu 08 Feb 2023 17:29 WIB

ASDP Siapkan Dua Kapal Ferry Dukung F1 Powerboat Danau Toba

F1 Powerboat di Danau Toba, Sumatera Utara, digelar pada 25-26 Februari 2023.

Kapal milik ASDP. PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) menyiapkan dua kapal masing-masing KMP Pora-Pora dan KMP Kaldera Toba untuk mendukung penyelenggaraan ajang F1 Powerboat di Danau Toba, Sumatera Utara pada 25-26 Februari 2023.
Foto: ANTARA/Andri Saputra
Kapal milik ASDP. PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) menyiapkan dua kapal masing-masing KMP Pora-Pora dan KMP Kaldera Toba untuk mendukung penyelenggaraan ajang F1 Powerboat di Danau Toba, Sumatera Utara pada 25-26 Februari 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) menyiapkan dua kapal masing-masing KMP Pora-Pora dan KMP Kaldera Toba untuk mendukung penyelenggaraan ajang F1 Powerboat di Danau Toba, Sumatera Utara pada 25-26 Februari 2023. Kapal ini direncanakan untuk dukung kegiatan.

"Dari kapal yang kami miliki ada lima nanti yang kami akan dukung untuk kegiatan ini Kapal Kaldera Toba dan Kapal Pora-Pora. Kapal yang lain tetap melayani masyarakat, ada kegiatan logistik juga yang harus berjalan," kata Direktur Perencanaan dan Pengembangan Bisnis PT ASDP Indonesia Ferry Harry MAC saat acara Ngopi BUMN dengan topik "Peran BUMN Jelang Event F1 Powerboat H20" di Gedung Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (8/2/2023).

Baca Juga

Ia mengatakan masyarakat nantinya dapat menonton F1 Powerboat dari dua atas kapal tersebut. "Kami dukung buat H2O (F1 Powerboat), kami ada kapal dan pelabuhan untuk yang kapal ini menarik bisa dijadikan nonton penyelenggaraan H2O di danaunya. Saya itu ingat kalau dulu yang nonton F1 yang di Monaco nonton F1 dari kapal 'yacht', kata Harry.

"Begitu ada kegiatan bisa nonton di atas kapal saya langsung bisa walaupun saat itu bagaimana caranya karena masalah izin. Alhamdulillah tadi pagi saya sudah pastikan itu bisa digunakan untuk kegiatan, itu izin sudah bisa digunakan," lanjutnya.

Adapun kapasitas dua kapal tersebut, yakni KMP Pora-Pora dapat menampung 180 orang dan KMP Kaldera Toba 75 orang. Selain itu, masing kapal-kapal juga ada 20 kru yang siap membantu kelancaran menonton ajang tersebut.

"Tetapi karena tidak ada kendaraan pastinya 'slot' untuk kendaraan bisa juga digunakan untuk penumpang atau mungkin bisa dikasih kursi sambil duduk saya kira bisa dikelola lagi nanti sehingga kapasitasnya bisa lebih banyak," ujar Harry.

Adapun, kata dia, untuk konsep menonton dari atas kapal tersebut akan diatur lebih lanjut oleh pihak InJourney.

"Jadi, ini bisa dibungkus oleh teman-teman InJourney kalau kami kan fasilitasnya kami ibaratkan kami sewakan saja kapal. Apalagi tiketnya sudah habis ini bisa menjadi opsi tiket tambahan nontonnya juga kayanya unik nonton di atas kapal," ujar Harry.

Selain menyediakan kapal, lanjut dia, ASDP juga memfasilitasi masyarakat untuk menonton bareng di Pelabuhan Ajibata dan Pelabuhan Ambarita.

"Bisa juga nonton bareng di pelabuhan kami di Ajibata, Ambarita, ada bangunan yang besar sudah ada UMKM juga ada di situ. Itu bisa dibikin nonton bareng nanti mengenai hak siarnya atau izinnya nanti kami serahkan ke InJourney untuk tata kelolanya tetapi ini memungkinkan. Kami siapkan tempat di pelabuhan lalu juga area parkirnya juga mencukupi mungkin kira-kira 200-300 mobil juga bisa," ucap Harry.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement