Selasa 07 Feb 2023 16:18 WIB

Pemkot Bogor Open Bidding Dua Posisi Kepala Dinas

Dua jabatan kepala dinas yang akan dilelang ialah Kepala DPUPR dan Diarpus Kota Bogor

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Agus Yulianto
Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto.
Foto: Republika/Shabrina Zakaria
Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Pemkot Bogor akan membuka seleksi terbuka atau open bidding, untuk dua posisi Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama atau kepala dinas yang saat ini kosong. Dua jabatan kepala dinas yang akan dilelang ialah Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR), dan Dinas Arsip dan Perpustakaan (Diarpus) Kota Bogor.

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto mengatakan, open bidding akan dilakukan mulai Rabu (8/2/2023). “Besok akan dibuka untuk Dinas PUPR dan Diarpus. Pendaftarannya dibuka seluruh Indonesia, siapapun bisa,” kata Bima Arya, Selasa (7/2/2023).

Baca Juga

Di samping itu, politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini juga mendorong agar semua pegawai di lingkup Pemkot Bogor yang sudah masuk persyaratan secara jabatan, untuk bisa memanfaatkan peluang mengikuti lelang jabatan yang terbuka secara nasional itu.

“Semua saya dorong untuk mendaftar silakan. Terutama Eselon IIIA karena ini open bidding, berarti yang bawah bisa naik. Silakan aja daftar di situ (lelang jabatan),” imbuhnya.

Saat disinggung kriteria yang layak menempati Kepala Dinas PUPR Kota Bogor, menurut Bima Arya, sosok yang cocok ialah yang bisa memastikan pekerjaan-pekerjaan di Kota Bogor semuanya memiliki kualitas yang baik.

Kemudian, dapat melakukan pekerjaan tepat waktu, memastikan semua kegiatan dapat terserap maksimal, dan tidak ada melakukan intervensi terhadap kegiatan-kegiatan di Pemkot Bogor. “Semuanya prinsipnya harus transparan, dan sesuai dengan sistem,” tegasnya.

Oleh karena itu, Bima Arya mengaku, akan lebih selektif dalam proses open bidding yang dilakukan kali ini. Mengingat ada banyak program prioritas yang harus diselesaikan pada tahun anggaran 2023, atau masa akhir jabatannya.

“Ada 11 tadi program-program prioritas, pedestrianisasi, pemenuhan jalan, (Pembangunan Jembatan) Otista, RSUD, dan sebagainya. Itu harus kita kawal,” harapnya.

Sebelumnya, diberitakan Bima Arya melakukan pelantikan pejabat di lingkungan Pemkot Bogor, Jumat (3/2/2023). Tercatat ada 352 orang Aparat Sipil Negara (ASN) yang resmi dilantik.

Menurut Bima Arya formasi pejabat struktural dan fungsional saat ini sudah tepat. Sebab sudah melalui proses yang sesuai aturan dan berbagai pertimbangan. Meskipun ada pejabat yang merasakan ketidakcocokan.

Hingga akhir tahun nanti, kata dia, ada formasi yang akan diperbaiki lantaran akan ada beberapa pejabat yang akan pensiun. Namun, formasi di wilayah menurutnya, sudah final dan sesuai.

“Tapi ini belum selesai karena ada dua yang kita kosongkan untuk open bidding yaitu Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) dan Dinas Arsip dan Perpustakaan (Diarpus). Hari ini langsung bersurat ke Kemendagri untuk segera diisi karena kita betul-betul ingin berlari," ucapnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement