Selasa 07 Feb 2023 08:31 WIB

Bagaimana Film Titanic Pengaruhi Film Blockbuster Modern

Film Titanic kembali dirilis ulag setelah tayang 25 tahun lalu.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Indira Rezkisari
Poster 25 tahun film Titanic. Film yang dibintangi Leonardo DiCaprio dan Kate Winslett tersebut akan tayang kembali Februari 2023.
Foto: Dok. Disney
Poster 25 tahun film Titanic. Film yang dibintangi Leonardo DiCaprio dan Kate Winslett tersebut akan tayang kembali Februari 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Film romansa Titanic akan dirilis kembali dalam perayaan peringatan 25 tahunnya. Film ini digarap oleh Paramount Pictures dan 20th Century Studios dan ditulis serta disutradarai oleh James Cameron.

Perilisan ulang film pemenang Academy Awards ini sama dengan yang tayang pada tahun 1997. Bedanya, film Titanic kali ini akan hadir dalam versi remaster 3D 4k HDR dan high-frame rate.

Baca Juga

Titanic mengisahkan romansa antara Leonardo DiCaprio (Jack) dan Kate Winslet (Rose). Mereka menjalin kisah cinta di atas kapal mewah yang berlatarkan pelayaran nahas “unsinkable” Titanic.

Setelah rilis pada tahun 1997, film Titanic menjadi film yang membawa pengaruh pada film blockbuster modern. Satu hal yang Cameron pelajari saat rilis Titanic adalah film dengan durasi panjang tidak memengaruhi kesuksesan pada jumlah penonton.

“Saya pikir satu hal yang menjadi jelas adalah filmnya berdurasi tiga jam. Secara historis, film panjang tidak bisa menghasilkan uang. Pertama, orang tidak akan pergi ke bioskop dan setiap hari akan kehilangan penonton,” kata Cameron dalam Global Press Conference, Jumat (3/2/2023).

Namun, Cameron melakukan trik jitunya dengan tidak menurunkan film pada waktu yang lama di bioskop. Sejak dirilis Januari hingga Maret, Titanic berhasil menduduki posisi pertama selama 16 atau 15 pekan.

“Itu tidak masalah. Karena jika Anda tidak ada penontonnya, cobalah liat pekan depan atau pekan depannya lagi. Orang-orang akhirnya menemukan keseruannya dan melihatnya lagi dan lagi. Oleh karena itu, film tidak turun selama berpekan-pekan. Jadi panjang film tidak penting, itulah hal yang kami pelajari. Film juga bisa terasa lama dalam satu setengah jam,” ujarnya.

Cameron mengatakan jika Anda menontonnya dengan saksama dan terpaku pada apa yang dilihat, Anda bisa melewati waktu tiga jam dengan cepat. Karya Cameron terbaru, Avatar 2, juga memiliki durasi yang panjang. Nyatanya, durasi juga tidak memengaruhi kesuksesan film.

“Kami membuat film Avatar 2 yang berdurasi tiga jam 12 menit dan itu berjalan dengan sangat baik. Jadi, saya pikir telah mematahkan mitos durasi film yang lama menjadi masalah besar,” tambahnya.

Titanic dibintangi oleh Leonardo DiCaprio, Kate Winslet, Billy Zane, Kathy Bates, Frances Fisher, Bernard Hill, Jonathan Hyde, Danny Nucci, Gloria Stuart, David Warner, Victor Garber, dan Bill Paxton. Titanic ditulis dan disutradarai oleh James Cameron. Film diproduksi oleh Cameron dan Jon Landau, dengan Rae Sanchini menjabat sebagai Produser Eksekutif. Film Titanic akan berlayar di bioskop kesayangan Anda pada 8 Februari nanti.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement