Senin 06 Feb 2023 07:30 WIB

BMKG: Sembilan Daerah di Kaltim Diprakirakan Hujan Petir pada Senin-Selasa

Hanya Kota Bontang yang diprakirakan tidak terjadi hujan lebat maupun hujan petir.

Petir terlihat di kawasan pesisir Indramayu, Jawa Barat, Senin (14/12/2020). Badan Meteorologi; Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan hujan dan petir melanda sembilan kabupaten/kota di Provinsi Kalimantan Timur pada Senin (6/2/2023).
Foto: ANTARA/Dedhez Anggara
Petir terlihat di kawasan pesisir Indramayu, Jawa Barat, Senin (14/12/2020). Badan Meteorologi; Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan hujan dan petir melanda sembilan kabupaten/kota di Provinsi Kalimantan Timur pada Senin (6/2/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, BALIKPAPAN--Sebanyak sembilan kabupaten/kota di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) diprakirakan mengalami hujan lebat disertai petir. Selain itu, hujan juga diprediksi dapat disertai angin kencang berdurasi singkat pada Senin-Selasa (6-7/2). Semua pihak diimbau waspada terhadap dampaknya.

"Dampak dari peristiwa tersebut antara lain bisa berupa banjir, sungai meluap, pohon tumbang, jalan licin, dan tanah longsor," ujar Prakirawan Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan BMKG Balikpapan Idham Chalid di Balikpapan, Ahad (5/2/2023).

Baca Juga

Informasi prakiraan cuaca ini pun telah disampaikan ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota masing-masing. Hal ini agar dapat dilakukan mitigasi untuk meminimalisasi dampaknya ke masyarakat.

Sembilan kabupaten/kota tersebut adalah di Kota Samarinda, Balikpapan, Kabupaten Berau, Kutai Timur, Kutai Kartanegara, Kutai Barat, Mahakam Ulu, Penajam Paser Utara, dan Kabupaten Paser.

Dari 10 kabupaten/kota di Kaltim, hanya Kota Bontang yang diprakirakan tidak terjadi hujan lebat maupun hujan petir. Kota ini hanya mengalami hujan ringan pada Senin sekitar pukul 17.00 WITA hingga Selasa (7/2/2023) pagi.

Sedangkan sembilan kabupaten/kota yang berpotensi terjadi hujan lebat maupun hujan petir pada Senin sekitar pukul 11.00 WITA. Hujan petir diprakirakan terjadi antara lain di Kecamatan Balikpapan Timur, Balikpapan Barat, dan Balikpapan Utara, sedangkan kecamatan lainnya hujan ringan hingga pukul 14.00 WITA.

Kota Samarinda pada Senin sekitar pukul 14.00 WITA, hujan lebat diprakirakan terjadi pada empat kecamatan. Yakni Kecamatan Sungai Kunjang, Loa Janan Ilir, Samarinda Seberang, dan Palaran. Sedangkan kecamatan lainnya diprakirakan hujan ringan. Bahkan hujan ringan ini diprakirakan terjadi pada Selasa dini hari hingga sekitar 05.00 WITA di semua kecamatan.

Kabupaten Kutai Barat pada Selasa dini hari sekitar pukul 02.00 WITA diprakirakan hujan petir di lima kecamatan. Yakni Kecamatan Damai, Melak, Barong Tongkok, Nyuatan, dan Kecamatan Sekolaq Darat.

Kabupaten Kutai Kartanegara, pada Senin sekitar pukul 14.00 WITA diperkirakan hujan lebat hingga hujan petir berpotensi terjadi di Kecamatan Muara Badak, Marang Kayu, dan Sanga-Sanga. Sementara pada Selasa dini hari sampai pukul 05 00 WITA, hujan petir diprakirakan terjadi di Kecamatan Tabang dan Kembang Janggut. Sedangkan sejumlah kecamatan lainnya diprakirakan mengalami hujan ringan sampai Selasa pagi.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement