Kamis 02 Feb 2023 22:01 WIB

Biaya Haji Naik Diusulkan Naik, Wagub Jabar Harap Kondisi Masyarakat Dipahami

Biaya haji 2023 diusulkan pemerintah pusat naik.

Rep: Ari lukihardianti/ Red: Muhammad Hafil
 Biaya Haji Naik Diusulkan Naik, Wagub Jabar Harap Kondisi Masyarakat Dipahami. Foto:  Wagub Jabar, Uu Ruzhanul Ulum, saat mengunjungi SDN Ciawang di Kecamatan Leuwisari, Kabupaten Tasikmalaya, Kamis (12/1/2023).
Foto: Dok. Republika.
Biaya Haji Naik Diusulkan Naik, Wagub Jabar Harap Kondisi Masyarakat Dipahami. Foto: Wagub Jabar, Uu Ruzhanul Ulum, saat mengunjungi SDN Ciawang di Kecamatan Leuwisari, Kabupaten Tasikmalaya, Kamis (12/1/2023).

IHRAM.CO.ID,BANDUNG--Biaya ibadah haji diwacanakan tahun ini akan mengalami kenaikan. Menanggapi hal ini, Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum mengatakan, sebagai muslim ia berharap apa pun keputusan pemerintah harus bisa memahami situasi dan kondisi masyarakat.

"Karena kan tidak semua yang naik haji orang yang memiliki kemampuan lebih. Mereka yang dapat panggilan tahun ini karena memang berusaha sekian tahun sebelumnya dan tidak berpikir sedikit pun menambah, paling berpikir untuk bekal," ujar Uu Ruzhanul Ulum kepada wartawan, Kamis (2/1/2023).

Baca Juga

Namun, kata dia, atas nama pemerintah, ia  pun harus bijak karena pemerintah provinsi perpanjangan tangan dari pemerintah pusat. Maka ia berharap masyarakat bisa menerima apa pun keputusan pemerintah.  Karena, ia yakin pemerintah bertanggungjawab atas segalanya. 

"Oleh karena itu, jangan mempermasalahkan tentang peribadahan, justru hidup kita adalah untuk ibadah," katanya. 

Menurutnya, uang yang dikeluarkan untuk ibadah itu lebih afdhal daripada dibelikan mobil. Jadi, lebih baik dipakai untuk dipakai tambahan biaya haji. 

"Daripada dibelikan tanah, lebih baik untuk ibadah haji. Toh saat kita meninggal tanah tidak dibawa. Tapi amal dari melaksanakan ibadah haji akan dibawa. Kakek saya bilang, ulah ngajual barang pageuh misalnya tanah, kecuali jang ibadah haji da pageuh pisan dibawa ke akhirat  (jangan menjual aset tetap seperti tanah kecuali untuk ibadah haji karena di bawa hingga akhirat)," paparnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement