Kamis 02 Feb 2023 05:30 WIB

Pemkab Bogor Deteksi Penyebab Banyak Proyek Bangunan Fisik Mangkrak

Banyak perusahaan daftar hitam, tapi masih menang lelang proyek pada APBD 2023.

Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan.
Foto: ANTARA/Indrianto Eko Suwarso
Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Pemerintah Kabupaten Bogor, sedang mendeteksi penyebab banyaknya proyek bangunan fisikmangkrak di daerahnya yang pendanaannya bersumber dari anggaran pemerintah.

Pelaksana tugas (Plt) Bupati Bogor, Iwan Setiawan, menjelaskan pihaknya segera mengevaluasi pekerjaan Pemkab Bogor yang terhenti pada tahun 2022. "Banyak kegiatan yang mangkrak kami ingin mendiagnosis kenapa permasalahan ini, pekerjaan ini sampai tidak selesai tepat waktu," ujarnya, Rabu (1/2/2023).

Baca Juga

Iwan menjelaskan, bahwa tidak sedikit pihak ketiga yang telah menang lelang namun di tengah perjalanan melakukan pemutusan kontrak kerja dengan alasan mengalami kekurangan modal.

"Masalahnya banyak laporan bahwa pihak ketiga ini kekurangan biaya, ini kan menjadi pertanyaan. Dulu ikut lelang ini dengan syarat dan lain-lainnya cukup. Tapi pas pelaksanaannya kita awasi kekurangan modal," beber Iwan.

 

Dia memaparkan, setelah pihaknya melakukan pemeriksaan, banyak perusahaan yang telah masuk daftar hitam atau diblacklist tapi masih menang lelang proyek pada APBD Kabupaten Bogor Tahun Anggaran 2023.

"Banyak orang ke-blacklist tetap dapat kegiatan nah nantinya kan dia akan terbentur dengan syarat modal itu," paparnya.

Menurutnya, sejumlah pekerjaan yang terhenti di tengah jalan ini merugikan masyarakat karena tidak dapat menerima pelayanan publik dengan optimal.

"Ini bukan secara pribadi saya, tapi yang dirugikan masyarakatnya ingin menggunakan fisik tersebut tapi tidak terjadi (selesai) pada tahun ini," kata Iwan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement