Ahad 29 Jan 2023 19:34 WIB

Kuliah Umum Cyber University Ajak Pengguna Internet Bijak Gunakan Media Sosial

Bijak menggunakan media sosial agar tidak terkena kejahatan siber.

Cyber University menggelar kuliah umum dan sharing session
Foto: Dok. Cyber University
Cyber University menggelar kuliah umum dan sharing session

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Keterbukaan ruang informasi publik di internet sangat terasa manfaatnya oleh semua kalangan. Tidak hanya kalangan dewasa dan remaja saja, bahkan anak-anak pun ikut merasakan meskipun masih harus dalam jangkauan pengawasan orang tua. 

Beragam manfaat media sosial di antaranya yaitu bisa dengan mudahnya bertukar atau mencari informasi, hiburan, sharing pengetahuan dan sebagainya. Namun, di balik hal tersebut, media sosial bisa menjadi alat kejahatan di dunia maya atau sering disebut dengan cyber crime.

Baca Juga

Untuk itu, Cyber University yang semula adalah BRI Intittute bersama dengan PT Pegadaian mengadakan kuliah umum dan sharing session. Kegiatan yang bertemakan ‘Social Media Cyber Security #BeCyberSmart' ini diselenggarakan pada tanggal Kamis (26/1/2023) secara Online.

Gunawan Witjaksono selaku Rektor Cyber University mengungkapkan bahwa dampak dari keterbukaan ruang informasi ini telah meningkatkan pengguna media sosial setiap tahunnya. Di samping itu, pengguna harus bijak dalam menggunakan media sosial agar tidak terkena cyber crime.

“Telah banyak informasi yang beredar di dunia maya mengenai cyber crime atau kejahatan di dunia maya. Untuk itu, sebagai kampus The First Fintech University in Indonesia, Cyber University dalam kuliah umum ini akan memberikan pengetahuan untuk bisa lebih aman dan bijak dalam menggunakan media sosial,” ungkapnya dalam rilis yang diterima.

Bersama pemateri yang ahli di bidangnya yakni Wijaya Wahyudi Akbar selaku Cyber Treat Analyst di IT Security Division PT Pegadaian. Selain untuk mengedukasi civitas akademika, kegiatan yang diselenggarakan melalui Zoom meeting ini juga terbuka untuk kalangan umum. 

“Bersama PT Pegadaian, Cyber University akan memberikan pemahaman kepada mayarakat Indonesia mengenai keaneka ragaman serangan cyber cerime di media sosial. Serta, bagaimana cara mengatasi dan beretika yang baik dalam menggunakan media sosial,” tambahnya.

Selain itu, materi yang sangat bermanfaat membuat peserta kegiatan kuliah umum ini akan mendapatkan E-sertivikat dan hadiah menarik lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement