Selasa 24 Jan 2023 12:20 WIB

Pasukan Muslim Dagestan Begitu Dominan di UFC, Sisi Religius Dianggap Jadi Kunci Utama

Dagestan Warriors, begitu dunia menamai petarung-petarung muslim ini.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
The Dagestan Warrios. Khabib dan Islam berada di tengah.
Foto: Dok. IG Islam Makhachev
The Dagestan Warrios. Khabib dan Islam berada di tengah.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Kesuksesan Khabib Nurmagomedov di pentas Ultimate Fighting Championship (UFC) dianggap membuka jalan buat para petarung asal Dagestan, Rusia, di panggung kejuaraan Mixed Martial Arts (MMA). Sejumlah nama, seperti Islam Makchaev, Islam Mamedov, hingga Usman Nurmagomedov, mulai menyita perhatian para penggiat olahraga MMA.

Saat ini, Islam Mackhaev merupakan pemegang sabuk juara kelas ringan UFC. Sementara sepupu Khabib, Usman Nurmagomedov, telah menyandang gelar sebagai juara kelas ringan di Bellator. Semua petarung ini diketahui berlatih bersama Khabib Nurmagomedov atau bisa dikenal dengan Tim Khabib.

Baca Juga

Dalam sebuah lansiran ESPN MMA, petarung-petarung yang tergabung di Tim Khabib menunjukan statistik kemenangan yang begitu impresif. Dari tujuh petarung yang tergabung bersama Tim Khabib, total kemenangan mencapai 142 menang, tiga hasil imbang, dan 11 kekalahan.

Petarung-petarung Tim Khabib, yang rata-rata berasal dari Dagestan, Rusia dan beragama Islam itu, terbukti tampil dominan di sejumlah kejuaraan MMA. Komentator UFC, Joe Rogan, pun memiliki penilaian tersendiri soal kesuksesan para petarung yang berlatih bersama Khabib tersebut.

photo
Islam Makhachev keluar sebagai juara baru kelas ringan UFC 280 setelah menumbangkan lawannya, Charles Oliveira di Etihad Arena, ahad (23/10/2022) dini hari WIB - (Twitter)

''Hal ini menarik. beberapa orang yang paling disiplin yang saya kenal adalah orang yang begitu taat beragama, terutama para petarung. Sepeti petarung-petarung beragama Islam asal Dagestan. Beberapa dari mereka adalah petarung yang dominan dan sangat taat beragama,'' ujar Rogan dalam unggahan video kanal SK MMA, Selasa (23/1/2023).

Dengan ketaatan terhadap nilai-nilai Islam, fokus para petarung ini tidak teralihkan ke hal-hal lain. Fokus utama mereka, ujar Rogan, hanya pada keluarga, agama, dan latihan. Para petarung tersebut juga cenderung tidak mau berlebihan dan menghambur-hamburkan uang untuk kesenangan belaka.

''Mereka sepertinya tidak berpesta seperti yang biasa dilakukan para hedonis. Padahal, mereka adalah petarung-petarung yang dominan. Mereka tidak mengubah gaya rambut. Fokus utama mereka hanya keluarga, agama, dan latihan. Mereka tidak mengejar gadis atau minum minuman beralkohol. Mereka hanya berlatih secara konsisten,'' kata aktor dan mantan atlet MMA Amerika Serikat tersebut.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement