Ahad 08 Jul 2012 16:02 WIB

Bank Syariah Solusi Masa Depan Perbankan

Salah satu outlet BNI Syariah.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Salah satu outlet BNI Syariah.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Perbankan syariah atau perbankan Islam (al-Mashrafiyah al-Islamiyah) adalah suatu sistem perbankan yang pelaksanaannya berdasarkan hukum Islam (syariah). Di Indonesia, perbankan syariah ini sudah mengeliat sejak lima belas tahun terakhir ini. Ada yang membedakan perbankan syariah dengan konvensional.

Di perbankan syariah, pembentukan sistem ini berdasarkan adanya larangan dalam agama Islam untuk meminjamkan atau memungut pinjaman dengan mengenakan bunga pinjaman (riba), serta larangan untuk berinvestasi pada usaha-usaha berkategori terlarang (haram). Sedangkan sistem perbankan konvensional tidak dapat menjamin absennya hal-hal tersebut dalam investasinya, misalnya dalam usaha yang berkaitan dengan produksi makanan atau minuman haram, usaha media atau hiburan yang tidak Islami, dan lain-lain.

Dari sekian banyak bank syariah yang menjamur sejak tahun 1993, salah satunya adalah BNI Syariah. Berdiri sejak 1997, BNI Syarih dapat bertahan atas krisis moneter pada tahun tersebut. Dengan menjunjung tiga prinsip, adil, transparan, dan maslahat, BNI Syariah mampu menjawab kebutuhan masyarakat terhadap perbankkan yang lebih adil. Tentunya juga berlandaskan Undang Undang No. 10 tahun 1998.

Beberapa fasilitas yang diberikan oleh bank BNI Syariah salah satunya adalah IB Tapenas Hasanah. Bagi saya,  fasilitas IB Tapenas Hasanah ini karena memungkinkan untuk merencanakan masa depan. Saya mempunyai mimpi, berlibur ke Eropa, umroh dan berangkat haji ke tanah suci bersama keluarga, dan kelak saya pun bisa membiayai pendidikan untuk anak – anak saya dimasa depan.  

Lalu ada juga fasilitas Deposito IB Hasanah. Fasilitas ini memungkinkan saya untuk mendapatkan keuntungan dari investasi - investasi yang saya lakukan dalam jangka panjang. Tentunya dengan keuntungan yang kompetitif. Membuat aman dan tenang dalam investasi adalah keunggulan dari fasilitas ini untuk masa depan saya.

Tentunya semua orang mau yang terbaik untuk kehidupan masa depan yang mereka miliki. Begitu juga dengan saya.  Dengan setoran sesuai kemampuan dan perlindungan asuransi yang diberikan BNI Syariah dapat membantu saya mewujudkan rencana masa depan saya. Jadi, kenapa tidak kita memulai merencanakan masa depan kita dari sekarang.

Penulis: Aditya Akbar MB (siswa SMAN 9 Jakarta, klub Jurnalis ROL angkatan I)

sumber : SMA se Jakarta Timur
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement