Kamis 24 May 2012 09:51 WIB

Sampah Hulu Merugikan Warga Hilir

Sampah di Kali Krukut
Foto: Republika/Aditya
Sampah di Kali Krukut

REPUBLIKA.CO.ID,CIPAYUNG -- Sampah masih saja menjadi momok dan musuh bagi masyarakat khususnya di daerah Cipayung, Bogor. Seperti yang nampak di lingkungan RT 003/001 Cipayung, banyak sampah yang menumpuk di jalanan maupun dipinggiran sungai terutama salah satu tempat yang ditemukan di bawah pos siskamling RT 003/001 Cipayung.

Menurut Pak Ud (57) salah satu warga setempat, sampah tersebut adalah buangan dari hulu sungai. Masyarakat disini memiliki inisiatif untuk mengadakan kerja bakti seminggu sekali dengan berbagai cara, salah satunya dengan membuka talang air di dekat tempat tersebut supaya sungai tersebut bisa dikeringkan lalu mereka dapat dengan mudah membersihkannya.

Tetapi walaupun sudah dilakukan pembersihan sungai, sampah tetap kembali dari Hulu sungai dan menumpuk di talang air RT 003 lalu sampah mengalir ke hilir sungai. Minimnya kepedulian masyarakat di daerah hulu membuat masyarakat di daerah RT 003 sampai di daerah hilirnya merasa dirugikan karena sampah yang berasal dari hulu sungai dapat mengakibatkan banjir di daerah tersebut. ''Saya berharap masyarakat di lingkungan hulu sungai lebih peduli terhadap sampah di sekitar mereka agar masyarakat di RT 003 ini dan masyarakat yang berada di daerah hilir sungai tidak dirugikan dengan sampah tersebut,'' ujar Pak Ud (57).

Ternyata masalah sampah tidak hanya terjadi di Ibu kota saja tetapi juga di daerah-daerah lainnya seperti di Cipayung kabupaten Bogor ini.

Penulis: Nadila Zikrina ( SMA Negeri 113 Jakarta), Favian Al Kindi B (SMA Negeri 98 Jakarta), Elin Julianti Utami   (SMA Diponegoro 1 Jakarta), Romario Tandaraja Pardede (SMA Negeri 71 Jakarta)

sumber : SMA se Jakarta Timur
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement