Kamis 24 May 2012 09:49 WIB

Pelatihan Jurnalistik Langka di Kalangan Pelajar

Peserta ROL to School untuk pelajar SMA se-Jakarta Timur di Bogor, Senin (21/5).
Peserta ROL to School untuk pelajar SMA se-Jakarta Timur di Bogor, Senin (21/5).

REPUBLIKA.CO.ID,CIPAYUNG -- Mendengar kata jurnalistik mungkin sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat. Namun di kalangan remaja khususnya para pelajar setingkat  SMA sederajat di indonesia hanya segelintir saja yang memahami dan meminati dunia jurnalistik itu sendiri. Kepala suku dinas pendidikan Jakarta Timur mengadakan acara kegiatan pelatihan jurnalistik di kawasan Cipayung Bogor, Jawa Barat, bekerjasama dengan Republika Online.

Kegiatan yang berlangsung di penghujung akhir tahun ajaran 2011-2012 yang diikuti oleh 140 siswa/siswi dari berbagai SMA wilayah Jakarta Timur. Acara ini di buka oleh Kepala Suku Dinas Jakarta Timur, Dr.Hj. Rita Aryani. Bertepatan pada hari senin 21-23 mei 2012. Kegiatan ini di isi oleh narasumber dari tim Republika Online (ROL) yang langsung dipandu oleh Irwan Ariefyanto sebagai Kepala ROL.

Dalam acara ini, suasana pelatihan berlangsung menarik dan menyenangkan. Tim ROl melakukan berbagai simulasi reportase, wawancara hingga menulis. Waktu yang disediakan selama dua hari, ternyata tidak membuat para siswa merasa bosan. Hingga akhir waktu, para siswa tetap meminta tim ROL untuk terus melanjutkan pelatihannya.

Para siswa merasa senang karena mereka tidak pernah mempelajari jurnalistik secara praktek. Biasanya dalam sejumlah pelatihan, lebih banyak teori yang dijejalkan sehingga para peserta merasa bosan dan ngantuk. Bravo Republika Online, mereka mampu mengajarkan jurnalistik secara tepat dan menyenangkan.

 Penulis: Bayu aditya (SMA Perguruan Rakyat 2), Betaria Sarulina (SMAN 106 Jakarta), Nabila Fauziyah (SMAN 9 Jakarta), Nurul Asifah (SMA YAKE), Qorry Aina  (SMA Perguruan Rakyat 3)

sumber : SMA se Jakarta Timur
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement