Kamis 24 May 2012 09:22 WIB

Tingkat Polusi di Jakarta Semakin Tinggi

Para siswa SMA penulis artikel
Foto: ahmad fauzan
Para siswa SMA penulis artikel

REPUBLIKA.CO.ID,CIPAYUNG -- DKI Jakarta adalah salah satu kota dengan tingkat polusi paling tinggi di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan adanya kerusakan di berbagai aspek lingkungan. Seperti udara, diakibatkan oleh melonjaknya volume kendaraan bermotor yang menyebabkan tingkat polusi udara di DKI Jakarta semakin meningkat. 

Karena asap dari kendaraan bermotor tersebut mengandung unsur senyawa kimia yang berbahaya bagi kesehatan manusia, maupun kondisi lingkungan.Selain asap kendaraan, asap rokok juga tidak kalah buruknya dari asap kendaraan karena mengandung unsur unsur senyawa kimia yang dapat menyebabkan penyakit.

Polusi air juga melanda DKI Jakarta, air yang merupakan sumber kehidupan semua makhluk hidup juga mengalami pencemaran di ibukota. Di DKI Jakarta, volume air bersih sudah semakin menurun, hal ini disebabkan oleh sampah-sampah yang dibuang ke sungai. Kebanyakan dari sampah yang dibuang tersebut adalah sampah jenis plastik dan styrofoam yang sulit untuk dicerna oleh alam.

Polusi udara yang melanda ibu kota juga menimbulkan banyak masalah sosial bagi warganya.Contohnya masalah kesehatan, polusi udara yang buruk dapat menyebabkan infeksi pada saluran pernafasan, asma, bahkan kanker paru-paru.Karena kesehatan yang menurun, maka biaya pengobatan pun akan meningkat.

Oleh sebab itu,partisipasi dan sinergi antara pemerintah dan masyarakat dalam memperbaiki lingkungan juga perlu digalakkan.

Pada dasarnya banyak warga Jakarta yang telah memahami masalah ini. Mereka berinisiatif untuk ikut memperbaikinya. Mereka mengadakan bike to work, bike to school, dan CFD (Car Free Day) sebagai bentuk partisipasi untuk mengurangi tingkat polusi di Jakarta. Akan lebih baik jika kegiatan ini didukung oleh pemerintah juga lebih di tingkatkan dengan kegiatan tanam seribu pohon, serta memperluas area lingkungan hijau di DKI Jakarta.

Penulis:   Ahmad Fauzan(SMA N 14 Jakarta)

Nadya Herdinta Putri (SMA WidyaManggala Jakarta)

Puspakencana (SMA Bina Dharma)

Sakinah (SMA N 44 Jakarta)

sumber : SMA se Jakarta Timur
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement