Rabu 23 May 2012 12:48 WIB

Yuk Belajar Jurnalistik dengan Rol

Kepala ROL M. Irwan Ariefyanto saat memberikan materi Jurnalistik dalam acara ROL to School di Bogor, Selasa (22/5).
Kepala ROL M. Irwan Ariefyanto saat memberikan materi Jurnalistik dalam acara ROL to School di Bogor, Selasa (22/5).

REPUBLIKA.CO.ID,CIPAYUNG --  Dua hari yang menyenangkan buat siswa-siswi SMA se Jakarta Timur. Pada 21-22 Mei 2012, suku dinas Pendidikan Jakarta Timur mengadakan pelatihan jurnalistik untuk anak-anak SMA. Pelatihan yang diadakan di Hotel Purnama Cipayung Bogor ini diadakan untuk mengenalkan jurnalistik dasar. Sebagai tim pengajar, adalah tim Republika Online (Rol) yang langsung dibawah koordinasi Kepalanya, M Irwan Ariefyanto.

Tidak kurang 140 siswa dan siswi pelajar diperkenalkan soal dasar-dasar jurnalistik dan industri media. Selama dua hari, para siswa memahami dunia dan pekerjaan jurnalistik. Banyak hal menarik yang didapat para siswa. Suasana interaktif yang diperkenalkan oleh tim ROL, membuat para siswa tidak merasa bosan, meski harus berjam-jam mendengarkan pelatihan.

Menurut Gilal salah satu perwakilan dari Suku Dinas Pendidikan Jakarta Timur, pelatihan ini memang diadakan untuk mengenalkan kepada pelajar tentang seluk beluk dunia jurnalistik. Kegiatan ini juga bertujuan agar siswa memiliki kemampuan mengelola media di Indonesia dan khususnya di sekolah masing – masing.

Adapun kegiatan ini merupakan program kerja tahunan dari suku dinas pendidikan Jakarta Timur. Kegiatan ini diadakan sejak 2002 dan terus berkembang hingga saat ini.  Melihat bahwa jurnalistik telah banyak memberi kontribusi bagi perkembangan media massa dan merupakan dunia yang mengasyikkan serta memberi banyak manfaat terutama untuk pengembangan kemampuan siswa. Oleh karena itu pelajar dilihat perlu untuk dikenalkan dan diakrabkan dengan dunia Jurnalistik.

Penulis: Ireane Yunita (SMAN 91), Rico Niel (SMAK Nusa Melati), Anfebniya SL (SMAN 59), Vincentius Kurniawan  (SMA Don Bosco 2)

sumber : SMA se Jakarta Timur
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement