Rabu 23 May 2012 08:32 WIB

ThinkQuest, Ajang Kompetisi Karya Ilmiah bagi Anak SMA

tim pemenang dari SMAN 48 Jakarta
Foto: ikhsan habibi
tim pemenang dari SMAN 48 Jakarta

REPUBLIKA.CO.ID,CIPAYUNG -- Tantangan berkarya untuk siswa-siswi SMA. Sebuah ajang kompetisi anak-anak SMA disponsori Oracle Education Foundation. Nama kompetisi ini adalah ThinkQuest.

Oracle Education Foundation (OEF) adalah organisasi amal independen yang didanai oleh Oracle Corporation. Mereka menyediakan ThinkQuest Projects untuk dimanfaatkan siswa SMA di seluruh dunia agar mereka memiliki tujuh 7 keterampilan yang diperlukan di abad 21 yaitu, berpikir kritis, kreatifitas, kerja sama tim, pemahaman perbedaan budaya, komunikasi, teknologi, mengarahkan diri.

Tahun ini Tim ThinkQuest dari Jakarta, Indonesia berhasil meraih runner up  dalam kompetisi ThinkQuest International 2011. Kompetisi ini menantang para siswa usia di bawah 19 tahun untuk memecahkan masalah nyata dengan mengaplikasikan keterampilan berpikir kritis, berkomunikasi, dan menggunakan teknologi. Tim Indonesia diwakili SMAN 48 Jakarta.

Tim dari SMAN 48 Jakarta yang diwakili Vilia Yohana, Ikhsan Habibi, Muhammad Labib, Tuwendy, Faisal, dan Ben Hadi berhasil meraih juara kedua dalam kategori ThinkQuest Project umur 19 tahun. Karya ilmiah mereka dalam kompetisi ini berjudul "Menjadikan Plastik dan Kertas Menjadi Sahabat Bumi". Tim dari SMAN 48 Jakarta sebelumnya telah melakukan sejumlah penelitian beberapa material alternatif seperti bioplastik yang dihasilkan dari kentang hingga membuat kertas dari bambu. Tim ini menciptakan sebuah karya pembuatan bioplastik dan kertas yang ramah lingkungan bagi bumi.

Country Managing Director Oracle Indonesia, Uday Mathkar mengaku bangga dengan hasil yang didapat oleh tim dari Indonesia mengingat kompetisi ThinkQuest sedikitnya diikuti 33.000 peserta dari 52 negara. Kompetisi ini digelar secara online sejak September 2010 sampai dengan April 2011 dan pengumuman pemenangnya diumumkan pada 22 Juni 2011.

Pemenang dalam kompetisi ini berhak mendapatkan kesempatan menghadiri acara penghargaan di San Fransisco Bay Area, Amerika Serikat pada Oktober 2011. Selain itu, masing-masing anggota tim berhak mendapatkan sebuah laptop, plakat dan sertifikat. “Saya merasa bersyukur dan bangga dengan kerja keras bersama tim kami karena mendapatkan anugerah besar dari Tuhan Yang Maha Esa, terima kasih bagi semua yang telah membantu dalam penyusunan karya ilmiah ini, Indonesia tahun ini berjaya kembali dapat Kompetisi ThinkQuest, Semangat untuk Kompetisi yang akan datang!'' kata Ikhsan Habibi, salah satu anggota tim ThinkQuest dari SMAN 48 Jakarta.

Penulis : Edwin (SMA Budhi Warman 2), Ikhsan Habibi (SMAN 48 Jakarta),  Ina Nur Inayah (SMA Dewi Sartika),  Mafani Fidesya (SMAK Slamet Riyadi)

sumber : SMA se Jakarta Timur
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement