Sabtu 12 Jan 2013 14:17 WIB

Apa Kata Pelajar Soal Berubahnya Jalur SNMPTN

Pengumuman SNMPTN akan dilakukan via onlines.
Foto: www.persma.com
Pengumuman SNMPTN akan dilakukan via onlines.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelaksanaan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN) 2013 mengalami perubahan dibanding tahun sebelumnya. Di Tahun 2013 SNMPTN lebih di titik beratkan pada jalur undangan, jadi presentase penerimaan SNMPTN 2013 menjadi 60 persen undangan, 30 persen jalur tulis, dan sisanya 10 persen untuk jalur mandiri yang diselenggarakan masing-masing perguruan tinggi.

Perubahan aturan jalur masuk perguruan tinggi yang lebih banyak menggunakan jalur undangan mendapat ini respon positif dari kalangan pelajar. “Gue sih setuju dengan perubahan aturan SNMPTN, kita kan jadinya gak percuma sekolah 3 tahun, bisa dinilai dari rapot juga” kata Fadil (17). Sama dengan halnya Clara (17), “Kalo gue sih lebih pasrah sama pemerintah, pastinya kan pemerintah punya kajian yang mendalam dalam membuat keputusan, jadi ya setuju-setuju aja”

Namun dibalik tanggapan positif tersebut, masih ada beberapa hal yang harus diperbaiki oleh pemerintah. Kalau bisa jumlah PTN juga harus ditambah. Jangan sampai banyak banyak pelajar yang mendaftar tapi tempatnya sedikit.  “Ya kalo bisa sih PTN nya juga ditambah dong, masa yang daftar banyak tapi tempatnya nya sendiri sedikit. Dan juga sosialisasinya kurang, kalo sosialisasinya kurang, bakal banyak spekulasi di kalangan siswa” ujar Ridho (17).

Penulis: Rizky Anandasigit Nugraha – Klub Jurnalistik Angkatan 1

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement