Sabtu 12 Jan 2013 08:00 WIB

Internet Cepat dari EVDO ke Hybrid

EVDO/ilustrasi
Foto: strongrising.en.alibaba.com
EVDO/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID,Reza adalah anak laki-laki yang pendiam, ramah dan pintar membongkar pasang komputer dan isinya. Dan dia pun sekarang membuka usaha. Tapi bukan toko komputer atau toko service komputer. Yang dia geluti adalah membuka toko pulsa. Dia ternyata juga mengerti masalah jaringan dan masalah yang berhubungan dengan provider.

Pernah suatu pagi, seorang gadis, Eka,  mendatangi toko, Eka ini mengatakan keinginanya untuk membeli pulsa untuk modem Smartfren. Eka itu terlihat buru-buru sehingga membuat Reza gerogi dan terburu-buru juga. “pulsanya udah masuk mba?” tanya Reza. “Nggak tau mas soalnya modem saya kan di rumah,” jawab Eka.

Reza hanya tersenyum menangggapi jawabanya itu. Keesokan harinya gadis itu datang lagi ke konternya. Reza menanyakan maksud dan tujuan Eka kembali ke konternya. Eka bilang jaringannya tidak berjalan dengan lancar dan memperhambat dirinya untuk mengerjakan tugas.

Eka bilang ia menggunakan jaringan EVDO. Reza kurang paham dengan jaringan EVDO smartfren. Dengan sigap Reza kemudian mencari dari Googgle apa itu EVDO. Hasilnya  EVDO atau Evolution Data Only/Evolution Data Optimized adalah suatu standar untuk transmisi data secara nirkabel komunikasi generasi ketiga atau yang dikenal dengan 3G. Berbeda dengan 3G pada GSM, EVDO diciptakan secara khusus hanya untuk CDMA dengan menggunakan frekuensi radio.

Reza sebenarnya selalu berusaha menelpon ke costumer service smartfren untuk mengadukan permasalahan ini. Tetapi petunjuk yang diberikan kadang tidak bisa ia kembangkan serta tidak ada jalan keluar untuk memperbaiki kartu modem smartfren.

Reza mencoba memperbaiki dan mengatur modem itu. Dan akhirnya Reza menemukan permasalahannya dan dengan gampangnya Reza hanya mengganti jaringan EVDO dengan Hybrid pada bagian pengaturan jaringan.

Penulis: Eva Rosdiana- Universitas Islam 45 Bekasi

sumber : Unisma
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement