Kamis 03 Jan 2013 14:50 WIB

ROL To Campus Datangi Unisma Bekasi

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Fernan Rahadi
Rol To Campus
Foto: Republika
Rol To Campus

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Republika Online (ROL) bekerja sama dengan Fakultas Ilmu Komunikasi Sastra dan Bahasa Universitas Islam '45 (Unisma) mengadakan pelatihan jurnalistik, Kamis (3/1). Citizen journalism menjadi titik fokus pelatihan di salah satu kampus terkemuka di Bekasi tersebut.

Menurut Manajer Marketing ROL, Andriyanto, ROL akan menyediakan wadah atau sub kanal bagi para mahasiswa untuk bisa memuat karya tulisan mereka. Sehingga, mahasiswa dapat memberikan informasi terkait kejadian atau peristiwa di sekitar mereka tidak hanya melalui media sosial, tetapi lewat micro site ROL To Campus.

"Hal inilah yang membedakan, antara pelatihan jurnalistik yang dilakukan oleh pihak lain dengan Republika Online,'' kata Andriyanto, Kamis (3/1).

Namun diakuinya untuk menjaga kualitas tulisan diperlukan pelatihan jurnalistik. Oleh karena itulah ROL memberikan materi jurnalistik yang diisi langsung oleh kepala ROL, Irwan Ariefyanto. Peserta akan mendapatkan pelatihan dasar-dasar penulisan, pemaparan sejarah dan teknik jurnalisme, hingga dasar-dasar penggunaan foto dan video di media online.

Selain itu, setiap peserta akan mendapatkan sertifikat. Tetapi sebelum sertifikat tersebut dikirim, peserta harus paling tidak mem-posting satu laporan ke sub kanal. Setiap peserta akan diberikan waktu satu minggu setelah pelatihan selesai.

"Setelah data mulai masuk, kami akan mengirimkan sertifikat ke kampusnya masing-masing," ujar Ahmad Muchlis, staf marketing ROL.

Sebelum ke Unisma, ROL juga telah mengadakan pelatihan jurnalistik di UPI YAI, LP3I, UI, UIN, Unpad, UIN Gunung Jati, London School, UNJ, Trisakti, dan UMJ. "Selama ini kami terus mendapat respons positif, bahkan sudah ada permintaan dari kampus-kampus lain, baik di pulau jawa ataupun di luar jawa," tutur Andriyanto.

Rencanya, setelah Unisma, ROL akan mengadakan pelatihan jurnalistik di Paramadina, ISTN, dan BSI. "Target kami pada tahun 2013, kami akan mengadakan pelatihan jurnalistik di 30 sampai 35 kampus," ujar Andriyanto.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement