Selasa 22 Jan 2013 19:23 WIB

Ini Dia Cara Praktis Hilangkan Nyeri Punggung

Duduk depan komputer
Duduk depan komputer

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA – Terlalu lama duduk dapat menyebabkan nyeri dibagian punggung. Tapi kebanyakan orang menganggap ini bukan masalah yang serius dan membiarkannnya. Padahal menurut Tae M Shin MD, ahli ortophedy di St Vincent, Los Angeles, jika rasa nyeri punggung terlalu lama dibiarkan dan tidak diatasi akan sangat mengganggu di kemudian hari. Dan bisa jadi menjadi sebuah penyakit di masa depan.

Namun sekarang tak perlu khawatir lagi. Ada cara ampuh untuk mencegah nyeri punggung. Cara ini juga tidak memerlukan waktu yang lama dan sangat mudah dipraktikan. Dan yang pasti semua bisa dengan mudah mengikutinya. Yaitu senam duduk. Ini caranya.

1.Duduklah di kursi, kaitkan kedua jari tangan di belakang kepala. Tarik perut hingga kencang. Rapatkan kedua kaki. Tahan sampai hitungan ke-8.

2.Silangkan Tangan kanan didepan dada selama 8 hitungan. Ulangi gerakan sama menggunakan tangan kiri.

3.Luruskan dua tangan kita dan kaitkan kedua jari tangan dibelakang punggung sampai otot punggung terasa tertarik. Lakukan sampai hitungan ke-8.

4.Bungkukkan badan sampai jari tangan kita menyentuh ujung sepatu kemudian, angkat kembali badan perlahan-lahan sampai kembali keposisi duduk.

Cara diatas sangat mudah dan efektif untuk menghilangkan rasa pegal bukan?  Dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja, dan dapat dilakukan pada saat waktu sengggang. Selamat mencoba.

Penulis: Sinta Dian – Universitas Muhammadiyah Jakarta

sumber : UMJ
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement