Sabtu 12 Jan 2013 10:00 WIB

Catur Dharma yang Membedakan Karya Jurnalitik UMJ

Rol To Campus
Foto: Republika
Rol To Campus

REPUBLIKA.CO.ID,CIPUTAT -- Ada yang unik dari ROL to Campus (RTC) yang digelar di Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ).

Pelatihan jurnalistik yang biasanya hanya oleh mahasiswa ini ternyata juga diikuti oleh dosen dan karyawan kampus. Pelatihan yang terselenggara atas kerjasama ROL dan Pusat Kajian dan Pelatihan Komunikasi Massa ini diikuti oleh delapan fakultas di UMJ. Yaitu Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Hukum, Tekhnik, Pertanian, Ekonomi, Agama Islam, Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Ilmu Pendidikan.

Peserta yang mengikuti pelatihan mendapatkan pengetahuan dan keterampilan di bidang jurnalistik di lapangan. Pelajaran yang tidak diperoleh di bangku kuliah secara langsung. Besarnya minat untuk mengikuti pelatihan ini juga didasari oleh kepentingan dan kebutuhan institusi. Dalam pembukaanya,

Dekan FISIP UMJ, Endang Sulastri, mengatakan universitas memiliki fungsi untuk menyebarluaskan informasi tentang segala aktivitas yang menyangkut kegiatan pendidikan dan pelatihan. Yang merupakan bagian integral yang tidak terpisahkan dari dharma pengabdian kepada masyarakat.

Menurut Sofiandy Zakaria, Ketua Pusat Kajian dan Pelatihan Komunikasi Massa FISIP-UMJ,  UMJ memiliki kekhasan sendiri dalam karya jurnalistiknya. Baik itu buatan dosen, mahasiswa, atau karyawannya. Karena sebagai salah satu Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM), UMJ bukan hanya memiliki Tri Dharma. Tetapi juga Catur Dharma. Dharma yang keempat adalah Al-Islam dan Kemuhammadiyahan. Dharma yang terakhir ini justru yang diharapkan menjadi landasan utama semua perilaku akademik dan kehidupan lain. Termasuk karya jurnalistiknya.

Sumber: Pusat Kajian dan Pelatihan Komunikasi Massa ( PKPKM ) FISIP-UMJ

sumber : UMJ
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement