Kamis 20 Dec 2012 21:30 WIB

Perkenalkan Stove, Superhero Baru di Indonesia

Stove
Foto: Sannia Mareta
Stove

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Lagi, sebuah inovasi dikembangkan oleh mahasiswa di Indonesia. Superhero Stove, sebuah kompor yang memiliki sistem detektor suhu. Sistem ini mampu memadamkan api ketika telah mencapai suhu tertentu sesuai pengaturan awal ketika menyalakan kompor. Kompor ini memiliki empat keunggulan, yaitu safety, energy efficiency, low cost, dan new technology.

Inovasi ini dikembangkan oleh tiga mahasiswa Universtitas Trisakti, Sannia Marreta, Muhammad Alfian Gibran dan Mohamad Fauzan. Mereka menyebutnya sebagai Super Team. Ketiga mendapatkan gelar juara 1 dalam Kompetisi Desain Produk Ergonomis yang diselenggarakan oleh Perhimpunan Ekonomi Indonesia di Bandung beberapa waktu lalu.

“Kami merancang sebuah sistem baru yang compatible bagi kompor gas dan kompor listrik.  Kedua kompor ini mampu mematikan dirinya sendiri tanpa perlu takut terjadi kebakaran akibat lupa mematikan kompor,” jelas Sannia, mahasiswi jurusan Teknik Industri, Universitas Trisakti.

Sistem detektor suhu memiliki range yang cukup luas. Dari 50O C sampai 300O C. Dengan Superhero Stove dapat memperoleh efisiensi daya (listrik dan gas) sebesar 25% hingga 45% dari pemakaian kompor biasa.“Sistem detektor suhu memiliki range yang luas, dari 50oC – 300oC. Dengan menggunakan Superhero Stove untuk memasak, siapapun dapat memperoleh efisiensi daya (listrik dan gas) sebesar 25% hingga 45% dari pemakaian kompor biasa,” tambah Gibran, mahasiswa semester 3 jurusan Teknik Mesin, Universitas Trisakti.

Saat ini ketiganya sedang memproses Superhero Stove untuk mendapatkan hak paten. Dengan dukungan dari dosen Fakultas Teknologi Industri serta Rektorat Universitas Trisakti. Dalam waktu dekat juga mereka berencana untuk memproduksinya secara masal. “Kami membuka peluang bagi investor yang tertarik dengan produk Superhero Stove. Kami yakin bahwa produk kami akan sangat laku di pasar. Superhero Stove benar-benar menjadi yang pertama di dunia,” tambah Sannia, Gibran, dan Fauzan.

Superhero Stove ini diharapkan  bisa menekan angka kematian dan kerugian yang ditimbulkan akibat kebakaran yang disebabkan oleh penggunaan kompor.

Penulis: Sannia Mareta  (Mahasiswi Teknik Mesin Universitas Trisakti)

sumber : Trisaksi
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement