Ahad 16 Jun 2013 21:18 WIB

MIT IPB Berhasil Ciptakan Robot Air

Gedung tempat MIT melakukan penelitian
Foto: IPB
Gedung tempat MIT melakukan penelitian

REPUBLIKA.CO.ID,BOGOR -- Departemen Ilmu Teknologi dan Kelautan (ITK) Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Institut Pertanian Bogor (IPB) mendirikan Marine Instrumentation Telemetry (MIT). MIT merupakan sebuah klub mahasiswa yang berbasis profesi dan keilmuan berdasarkan minat dan bakat di bawah naungan laboratorium AIK (Akuatik dan Instrumentasi Kelautan).  

MIT menjadi wadah bagi mahasiswa yang mengambil penelitian di laboratorium AIK. Pembinanya,tak lain Indrajaya, Dekan FPIK sendiri. Kegiatan MIT adalah pelatihan dan juga praktik membuat alat robot air. “Klub ini berdiri saat angkatan 37, tapi cikal bakal dari klub ini dibentuk dari sekitar angkatan 30 dan sempat vakum hingga akhirnya berdiri kembali saat angkatan 43 sampai sekarang,'' ungkap Dwi Setiadi, mahasiswa ITK 45 yang juga Presiden MIT.

AnggotaMIT terdiri dari anggota biasa, undangan, dan luar biasa. Saat ini, mahasiswa yang terdaftar menjadi anggota terdiri dari angkatan 45 dan 46. Sedangkan angkatan 47 masih sebagai calon anggota. Prestasi terakhir dari MITadalah sebagai finalis 20 besar Komurindo (Kontes Muatan Roket Indonesia).

MIT juga pernah mengikuti lomba Aerofi di Hong Kong pada Maret lalu.

Saat ini MIT sedang mengikuti kompetisi Roboboat 2012. Yakni ajang untuk membuat kapal tanpa otomatis. Adapun alat yang sudah dihasilkan antara lain, Fry Counter yang berfungsi untuk menghitung jumlah benih ikan dan Drivter Lampa untuk mengukur arus gelombang.

Penulis: Marita Fitri Az Zahra-- Fakultas Pertanian IPB

sumber : IPB
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement