Senin 02 Jan 2023 13:31 WIB

Menutup Tahun 2022 dengan Peduli Dhuafa

Muslim di Irlandia mendistribusikan bantuan kepada kaum dhuafa di akhir 2022

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Erdy nasrun
Ilustrasi peduli dhuafa menyambut tahun baru 2023
Foto: Youtube
Ilustrasi peduli dhuafa menyambut tahun baru 2023

REPUBLIKA.CO.ID, DUBLIN -- Bergembira bersama kolega pada pengujung tahun 2022 adalah hal biasa. Banyak orang melakukan itu. Mereka adalah orang-orang yang menikmati dirinya dan orang lain dengan berbagai aktivitas yang penuh kebahagiaan.

Namun, di saat banyak orang larut dalam kebahagiaan dan suka cita menyambut kedatangan tahun 2023, ada orang - orang yang justru berada dalam kemalangan. Mereka hidup dengan segala keterbatasan di tengah musim dingin di Eropa. Belum lagi kesulitan memenuhi kebutuhan hidup lainnya, seperti makan, tempat tinggal, dan lainnya, ikut menyusahkan mereka.

Untuk membantu meringankan beban hidup mereka, para dhuafa, sekelompok wanita Muslim Irlandia menutup tahun 2022 dengan cara terbaik. Mereka secara sukarela menyajikan lebih dari 500 makanan panas kepada masyarakat yang kurang beruntung.

“Itu adalah akhir tahun yang sangat sibuk, menyediakan sup terakhir tahun 2022. Kami memiliki 500 makanan panas, roti, kue kering, buah/sayuran, coklat, minuman, kantong tidur, tas kebersihan, dua kotak besar sarung tangan topi & kaus kaki yang merupakan sumbangan dari sebuah sekolah di Wicklow,” tulis Muslim Sisters of Eire di Twitter, dikutip dari About Islam, Senin (2/1).

 

Dalam cuitannya, mereka juga menyebut siap melayani 500 orang dengan bantuan dan dukungan dari banyak pihak. Mereka menyampaikan rasa terima kasih yang mendalam kepada semua pihak yang berdonasi secara konsisten dengan cinta dan kemurahan hati.

"Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para relawan yang telah meluangkan waktunya untuk melayani sesama. Selamat berakhir pekan dan selamat tahun baru!” lanjut kelompok itu.

Untuk diketahui, Muslim Sisters of Eire (MSOE) adalah organisasi independen wanita Muslim yang tinggal di Irlandia. Selama enam tahun terakhir, kelompok tersebut telah menjalankan dapur umum mingguan untuk membantu para tunawisma di Dublin, Irlandia.

Islam memberikan penekanan besar pada keutamaan bertetangga, menekankan kewajiban individu Muslim untuk berbuat baik kepada tetangga mereka. Upaya relawan MSOE mendapat pujian dari masyarakat di media sosial, karena menjadi relawan di cuaca dingin untuk membantu keluarga yang membutuhkan.

Seorang pengguna Twitter dengan nama akun @tomas_foolery_ menjawab unggahan MSOE dengan mengatakan, "Saya sering melihat Anda di O'Connell Street pada malam yang dingin, ketika pejabat kota senior merasa nyaman di rumah. (Saya) merasa sangat berterima kasih atas semua pekerjaan yang Anda lakukan, meskipun saya tidak pernah meminta bantuan."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement