Selasa 20 Dec 2022 20:47 WIB

Polda Metro Imbau Warga tak Konvoi pada Malam Tahun Baru

Pemprov DKI akan menerapkan Car Free Night di Jalan Sudirman-Thamrin.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes (Pol) Endra Zulpan.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes (Pol) Endra Zulpan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Polda Metro Jaya mengimbau kepada masyarakat untuk tidak melakukan konvoi di Jakarta pada malam Tahun Baru 2023. Ini karena Pemprov akan menerapkan car freenight atau malam bebas kendaraan bermotor.

"Janganlah kalo konvoi-konvoi. Karena kan nanti Sudirman-Thamrin rencananya akan ada car free night," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan di Jakarta, Selasa.

Baca Juga

Polda Metro Jaya mengatakan pada tahun ini tidak ada pembatasan untuk perayaan malam pergantian tahun.

Sejumlah kawasan rekreasi dan pusat kota rencananya akan menggelar perayaan pergantian tahun antara lain Ancol dan Kota Tua. Kemudian juga di Pantai Indah Kapuk (PIK) 1, PIK 2, Setu Babakan, dan beberapa tempat lain yang telah dipetakan oleh pihak Kepolisian.

Zulpan menambahkan kawasan Monas akan ditutup untuk umum pada malam pergantian tahun. Meski demikian, kawasan Bundaran HI tetap dibuka untuk umum.

Pemprov DKI Jakarta mengumumkan akan menerapkan kebijakan car free night saat perayaan malam Tahun Baru 2023 pada Sabtu (31/12) di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat untuk menghindari kepadatan arus lalu lintas.

"Kami menerapkan car free night mulai pukul 20.00 sampai 02.00 WIB," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo di Balai Kota Jakarta, Selasa.

Untuk mengantisipasi pengunjung yang membawa kendaraan pribadi dan ingin menikmati suasana malam tahun baru di kawasan itu, Dishub DKI berencana membuka 40 kantong parkir.

Namun, ia belum memberikan rincian titik-titik kantong parkir yang disediakan di dekat Jalan Sudirman-Thamrin.

Rencananya, perayaan malam tahun baru di Jakarta Pusat dipusatkan di Thamrin 10 dan di sepanjang jalan strategis itu akan dibangun panggung hiburan.

Di sisi lain, ia mengimbau kepada masyarakat yang ingin menikmati suasana malam tahun baru di Jalan Sudirman-Thamrin untuk menggunakan transportasi umum.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement