Jumat 25 Nov 2022 22:01 WIB

Pemda DIY Siapkan Kegiatan Pendukung Sambut ASEAN Tourism Forum 2023

Yogyakarta siap menjadi tempat dilaksanakannya ATF.

Pemda DIY Siapkan Kegiatan Pendukung Sambut ASEAN Tourism Forum 2023. ASEAN Tourism Forum
Pemda DIY Siapkan Kegiatan Pendukung Sambut ASEAN Tourism Forum 2023. ASEAN Tourism Forum

REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA -- Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta menyiapkan berbagai kegiatan pendukung untuk menyambut ASEAN Tourism Forum (ATF) 2023 yang akan berlangsung di provinsi ini pada 2-5 Februari 2023.

"Prinsipnya kami siap ketempatan penyelenggaraan ATF dan mumpung ketempatan mari kita maksimalkan potensi yang ada karena kita akan kedatangan para tamu dari luar negeri," ujar Sekretaris Daerah (Sekda) DIY Kadarmanta Baskara Aji di Yogyakarta, Jumat (25/11/2022).

Baca Juga

Menurut dia, Pemda DIY serius melakukan berbagai persiapan sebagai tuan rumah ATF 2023 dan diharapkan mampu menggaet lebih banyak kunjungan wisata seiring kegiatan level internasional tersebut.

Selain melakukan berbagai perbaikan lokasi-lokasi kegiatan, Gubernur DIY pun secara khusus telah menunjuk salah satu putrinya, yakni GKR Bendara sebagai Ketua Organizing Committee (OC).

 

"Mudah-mudahan ke depannya DIY juga bisa didatangi lebih banyak tamu mancanegara sebanyak di Bali," kata dia.

Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo mengatakan, pada penyelenggaraan ATF 2023 nanti, pihaknya telah menyiapkan pula beberapa event pendukung, salah satunya pameran ekonomi kreatif.

"Intinya Yogyakarta siap menjadi tempat dilaksanakannya ATF. Dan dari sisi 'buyer' dan 'seller', disampaikan sudah menunjukkan lebih dari 60 persen mengkonfirmasi turut serta," kata dia.

Menurut dia, di ATF nanti ada dua agenda utama, pertama adalah ministerial meetings yakni Menteri Pariwisata se-ASEAN dan lima negara bertemu berdiskusi dan menghasilkan konklusi bahkan deklarasi terkait dengan pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif di ASEAN.

Agenda utama kedua dikatakan Singgih ialah travel exchange yang akan dipusatkan di Jogja Expo Center (JEC) yang dibuka untuk masyarakat umum, meski ada yang hanya boleh diikuti oleh penjual dan pembeli yang sudah terdaftar sebelumnya.

"Di pameran ini akan ditampilkan para travel agent, hotel, pengelola objek wisata yang akan menawarkan berbagai paket pariwisata. Lebih dari 25 negara telah terkonfirmasi akan mengikuti travel exchange ini," kata dia.

Sekretaris Kemenparekraf RI Ni Wayan Giri Adnyani mengatakan peserta ATF 2023 selain dari 10 negara ASEAN, juga akan diikuti oleh negara Tiongkok, Korea Selatan, Jepang, India, dan Rusia dengan tema besar "Journey to Wonderful Destination".

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement