Jumat 28 Oct 2022 21:46 WIB

Spotify Laporkan Raih 195 Juta Pelanggan Berbayar di 2022

Angka pelanggan Spotify naik dari 188 juta di kuartal sebelumnya.

Rep: Santi Sopia/ Red: Nora Azizah
Angka pelanggan Spotify naik dari 188 juta di kuartal sebelumnya.
Foto: EPA-EFE/MATTIA SEDDA
Angka pelanggan Spotify naik dari 188 juta di kuartal sebelumnya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Raksasa streaming musik Spotify melaporkan 195 juta pelanggan berbayar pada kuartal ketiga 2022, naik dari 188 juta pelanggan berbayar atau premium pada kuartal sebelumnya dan di atas ekspektasi. Perusahaan telah memperkirakan akan mencapai 194 juta pelanggan premium pada kuartal ini.

Spotify juga melampaui ekspektasi pengguna aktif bulanannya, mencapai 456 juta pengguna aktif bulanan pada kuartal ketiga, di atas perkiraan 450 juta. Pada kuartal kedua, pengguna aktif bulanan mencapai 433 juta, naik dari 422 juta pada kuartal sebelumnya.

Baca Juga

Perusahaan sekarang mengatakan memiliki 4,7 juta podcast. Pada akhir Juni, Spotify memiliki 4,4 juta podcast di platform, naik dari 4,0 juta pada akhir Maret. Penambahan baru pada kuartal ini termasuk peluncuran podcast Meghan Markle, Archetypes. Total pendapatan mencapai 3,04 miliar euro dibandingkan dengan perkiraan 3,0 miliar euro.

Namun, fokus yang berkelanjutan adalah pada margin perusahaan yang berada di bawah ekspektasi sebesar 24,7 persen dibandingkan perkiraan perusahaan sebesar 25,2 persen. Perusahaan mengatakan ini sebagian karena pertumbuhan iklan yang lebih lambat dari perkiraan mengingat lingkungan makro yang menantang.

Selain itu, ada pembaruan yang diharapkan dari kontrak penerbitan besar di luar AS dan fluktuasi mata uang. Periklanan sangat terpengaruh di Eropa, menurut perusahaan. Namun, iklan hanya merupakan bagian kecil dari hasil perusahaan.

Sementara podcasting telah mendapatkan daya tarik dan pendapatan iklan, investasi 1 miliar dolar AS untuk sampai ke sana telah membebani profitabilitas perusahaan. Pada bulan Juni, perusahaan memperkirakan margin podcast akan berubah positif setelah 2022.

Tahun ini menandai dampak negatif puncak pada margin dengan segmen tersebut menjadi menguntungkan dalam satu hingga dua tahun ke depan. CEO Spotify Daniel Ek mengatakan hasilnya masih sejalan dengan janji itu, serta teori bahwa ini adalah tahun investasi bagi perusahaan.

“Ini semua berjalan seperti yang kami harapkan, terlepas dari lingkungan makro,” kata Ek, seperti dikutip dari Hollywood Reporter, Jumat (28/10/2022).

Spotify akan mempertimbangkan untuk menaikkan harga di AS, seperti yang dilakukan Apple Music dan pesaing lainnya. Ek mengatakan itu adalah salah satu hal yang ingin dia lakukan. Perusahaan akan melakukan percakapan dengan mitra labelnya mengenai hal tersebut. 

Pada bulan Juli, perusahaan mengatakan sedang mempersiapkan penurunan ekonomi, meskipun belum berdampak banyak pada bisnisnya dengan memperlambat laju perekrutan sebesar 25 persen.

“Saya percaya hanya yang siap yang bertahan, dan kami bersiap seolah-olah keadaan bisa menjadi lebih buruk,” kata Ek saat itu.

Spotify mengatakan tidak melihat "dampak material" dari penurunan ekonomi, selain pada bisnis iklannya. Namun, ke depan, Ek mengatakan perusahaan akan "lebih selektif" dengan "pengeluaran keseluruhan". 

Investasi masa depan akan dilakukan hanya jika menambah margin perusahaan selama periode investasi dan memperkuat proposisi nilai perusahaan kepada pengguna. Ek juga mencatat bahwa mungkin ada peluang baru dalam penurunan ekonomi.

Perusahaan juga telah mengambil langkah-langkah pemotongan biaya lainnya. Awal bulan ini, Spotify membatalkan 10 pertunjukan asli dari studionya Parcast dan Gimlet. Hal ini menyebabkan PHK 38 karyawan dan penolakan dari serikat pekerja masing-masing.

Pada Selasa (25/10/2022), Spotify tidak membahas pembatalan secara langsung, tetapi mengatakan bahwa restrukturisasi harus mengarah pada "peningkatan produktivitas di studio tertentu" dan muncul sebagai biaya satu kali pada kuartal keempat.

Pada saat yang sama, Spotify secara resmi meluncurkan bisnis buku audionya pada September, yang telah lama dijanjikan sebagai langkah selanjutnya dalam rencana bisnisnya setelah dorongan podcast. Perusahaan memilih model la carte saat peluncuran, di mana pengguna dapat melihat buku individu dari perpustakaan 300 ribu judul. Belum ada iklan untuk bisnis buku audio, tetapi perusahaan mengatakan akan mengeksplorasi itu, berikut model bisnis lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement