Kamis 27 Oct 2022 17:55 WIB

Enggan Hadapi Klub Buangan Liga Champions, Arteta Desak Arsenal Juara Grup A Liga Europa

Arsenal bisa juara Grup A jika minimal menahan imbang PSV dini hari nanti.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Israr Itah
Manajer Arsenal Mikel Arteta
Foto: EPA-EFE/VINCE MIGNOTT
Manajer Arsenal Mikel Arteta

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Arsenal sudah dipastikan melaju ke babak gugur Liga Europa usai memetik kemenangan dalam empat laga awal penyisihan Grup A. The Gunners tinggal membutuhkan tambahan poin untuk bisa memastikan diri melangkah ke babak 16 besar Liga Europa dengan status sebagai juara Grup A. 

Dengan koleksi poin sempurna, 12 dari empat laga, Arsenal memuncaki klasemen sementara Grup A dengan keunggulan lima poin dari PSV Eindhoven, yang duduk di peringkat kedua. Dalam dua laga tersisa, Arsenal hanya perlu satu poin lagi untuk bisa lolos sebagai juara Grup A. 

Baca Juga

Kesempatan ini datang saat the Gunners melawat ke markas PSV Eindhoven, Stadion Phillips pada laga kelima Grup A, Kamis (27/10/2022) malam WIB. Pelatih Arsenal Mikel Arteta berharap anak-anak asuhnya bisa segera memastikan lolos ke babak 16 besar sebagai juara Grup A dengan kemenangan pada laga ini.

"Pekan lalu, kami telah menyelesaikan langkah pertama dengan lolos ke fase selanjutnya. Kami perlu meraih kemenangan (pada laga kontra PSV), karena kami ingin finis di peringkat teratas klasemen," ujar Arteta seperti dilansir BBC, Kamis (27/10/2022). 

Apabila mampu menjadi juara Grup A, Arsenal tidak perlu melakoni dua laga, kandang-tandang, pada babak play-off fase gugur Liga Europa. Klub asal London Utara itu akan langsung melenggang ke babak 16 besar. 

Tidak hanya itu, dengan finis di posisi teratas, The Gunners bisa terhindar dari laga menghadapi klub-klub buangan Liga Champions lebih awal. Berdasarkan aturan UEFA, peringkat ketiga di babak penyisihan grup Liga Champions memang berhak tampil di babak play-off fase gugur Liga Europa. Setidaknya ada sejumlah klub raksasa yang telah dipastikan bakal turun kasta ke Liga Europa, termasuk Barcelona, Atletico Madrid, dan Ajax Amsterdam. 

"Kompetisi ini akan semakin sulit. Sepertinya fase berikutnya akan semakin kompetitif. Karena itu, bisa finis di posisi teratas grup sangat penting. Bisa menghindari tampil di dua laga tambahan akan sangat penting untuk kami," kata Arteta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement