Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image dua muslim

Mengenal Sejarah Singkat Sholawat Burdah Yang Fenomenal

Agama | Sunday, 11 Sep 2022, 14:25 WIB
Sejarah singkat sholawat burdah

Mengenal Sejarah Singkat Sholawat Burdah Yang Fenomenal - Umat islam pasti sudah tidak asing lagi dengan nama dari salah satu sholawat yang didalamnya berisikan puji pujian atau sanjungan untuk Nabi Muhammad Shalallahu'alaihi Wa Sallam ini.

Sholawat burdah sendiri sering dilantunkan pada saat acara acara besar atau hari hari besar umat islam seperti perayaan maulid nabi, isra mi'raj serta upacara keagaam lainnya.

Sholawat burdah sendiri memiliki beberapa versi pengartian, ada yang mengartikan sholawat ini ini adalah sholawat pelindung karena dalam sebiah buku karangan M. Syukron Maksum disebutkan arti dari burdah adalah mantel (pelindunn).

Kemudian ada pula yang menyebutkan jika arti dari sholawat burdah adalah sholwat kesembuhan.

Artinya sholawat ini memiliki keutmaan menjadi wasilah akan kesembuhan penyakit fisik dan non fisik. Saat ini sudah banyak yang membagikan teks sholawat burdah dalam bentuk teks dan ada juga sholawat burdah pdf yang banyak dibagikan di internet.

Pengartian sholawat burdah ini sebagai sholawat penyembuh berdasarkan pada arti kata Bur'ah yang diyakini sebagai bahasa aslinya. Sedangkan arti Bur'ah sendiri adalah syifa atau dalam bahasa Indonesia berarti kesembuhan.

Sejarah terciptanya sholawat burdah sendiri berawal dari sakit yang diderita pencipta sholawat ini yakni Imam Busyiri.

Beliau sudah berikhtiar melakukan pengobatan kesana kemari namun tidak kunjung sembuh dari penyakit setengah luuph atau sakit Faalij yang diderita.

Sampai akhirnya beliau bermimpi bertemu dengan Rasulullah SAW.

Dan dalam mimpi tersebut, Syaikh Busyiri diminta untuk membuat syair yang memuji Rasulullah SAW.

Lalu setelah kejadian tersebut, Syaikh Bushyiri mengarang syair puji pujian kepada Rasulullah SAW dalam 10 Pasal di tahun 6 sampai 7 Hijriah.

Dan setelah beliau merampungkan syair sholawat burdah tersebut, kembali syaikh Busyiri bermimpi bertemu dengan Rasullah SAW.

Dalam mimpinya tersebut syaikh Busyiri diselimuti oleh Rasulullah, dan setelah bangun dari tidurnya, Syikah busyiri sembuh dari penyakit setengah lumpuh yang dideritanya.

Karena Syaikh Busyiri terkenal sebagai seorang yang berilmu atau orang alim, maka peristiwa atau kejadian tersebut tersebar keseluruh penuru dunia.

Dan sampai saat ini sholawat tersebut banyak dikenal dan disyarahkan oleh beberapa ulama.

Selain itu, banyak umat islam yang meyakini jika sholawat ini memiliki faedah yang luar biasa.

Dan seperti yang sudah disebutkan diawal bahwasannya sholawat ini memiliki keutamaan fasilah kesembuhan penyakit fisik dan non fisik, syair untuk menguatkan rasa cinta kepada Rasulullah SAW dan menjadi salah satu bukti kecintaan kepada Rasulullah SAW.

Bagitulah sejarah singkat terciptanya sholawat burdah ini, tentunya banyak hikmah yang bisa kita peroleh dari peristiwa yang dialami oleh Syaikh Busyiri.

Salah satunya adalah keyakinan bahwasannya kesembuhan itu berasal dari Allah Azza Wa Jalla dan dengan mencintai Rasulullah SAW maka kesukaran akan menjadi mudah untuk diatasi atas izin Allah Ta'ala.

Baiklah, sampai disini dulu tulisan yang bisa saya sampaikan kepada teman teman pembaca dimanapun berada.

Khususnya untuk teman teman muslim. Semoga dengan tulisan ini bisa memupuk rasa cinta kepada Rasulullah SAW.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image