Rabu 13 Jul 2022 17:20 WIB

Takwil Mimpi Said Bin Al-Musayyib Soal Wafatnya Hasan Cucu Rasulullah SAW Terbukti

Said bin Al-Musayyib menakwilkan mimpi tentang wafatnya cucu Rasulullah SAW

Rep: Hasanul Rizqa/ Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi takwil mimpi Said bin al-Musayyib. Said bin Al-Musayyib menakwilkan mimpi tentang wafatnya cucu Rasulullah SAW
Foto: Pixabay
Ilustrasi takwil mimpi Said bin al-Musayyib. Said bin Al-Musayyib menakwilkan mimpi tentang wafatnya cucu Rasulullah SAW

REPUBLIKA.CO.ID, —Said bin al-Musayyib hidup di zaman tiga khalifah khulafaur rasyidin, yakni Umar bin Khattab, Utsman bin Affan, dan Ali bin Abi Thalib.

Dari ketiganya, ia pun mendapatkan banyak hadis Nabi SAW. Lebih lanjut, dirinya pun menerima banyak keterangan tentang sunah dari sahabat Rasul yang akhirnya menjadi mertuanya, yakni Abu Hurairah RA.  

Baca Juga

Hingga wafatnya pada tahun 94 Hijriyah, Ibnu al-Musayyib selalu menjadi rujukan kaum Muslimin, terutama yang ingin mendapatkan fatwa dari Ahlul Madinah. 

Hidup melintasi zaman tiga orang khulafaur rasyidin, ia sangat memahami perkara-perkara ijtihad yang dilakukan para khalifah serta sahabat Nabi Muhammad SAW. 

 

Perannya dalam membimbing umat kian terasa sesudah satu per satu sahabat Rasul berpulang ke hadirat Allah SWT, baik akibat faktor usia, sakit, maupun gugur di pertempuran.

Sepeninggalan mereka, kaum Muslimin mendapatkan pema ham an keislaman dari Ibnu al-Musayyib. Fatwanya diterima bukan hanya oleh penduduk Madinah atau Hijaz, melainkan juga seluruh kawasan dunia Islam.  

Tidak hanya ahli dalam bidang ilmu hadits atau fikih, Said bin al-Musayyib juga masyhur sebagai seorang penakwil mimpi. Keahliannya itu dijelaskan oleh adz-Dzahabi.

Menurutnya, Said bin al-Musayyib adalah orang yang paling berkompeten dalam menafsirkan mimpi. Said mempelajari (takwil mimpi) dari Asma binti Abu Bakar. Adapun Asma sendiri mempelajari hal itu dari ayahnya. 

Ibnu Sa'ad dalam Ath-Thabaqat menuturkan beberapa penafsiran mimpi yang dilakukan Ibnu al-Musayyib. Seseorang mengaku pernah mimpi bertemu dengan Khalifah Abdul Malik bin Marwan. Lantas, dalam mimpinya itu lelaki tersebut mendorong sang khalifah hingga tersungkur ke tanah dan melukainya. Penguasa tersebut kemudian diikat dengan tali sebanyak empat ikatan. 

Said bin al-Musayyib lalu berkata, “Aku tidak akan memberitahukannya (tafsiran mimpi itu) kepadamu walaupun engkau telah memberitahukan perihal mimpi ini kepadaku.” Selang beberapa waktu kemudian, Ibnu Zubair juga mengaku bermimpi yang persis seperti mimpi si lelaki itu.

Akhirnya, Ibnu al-Musayyib mengungkapkan takwilnya. Jika memang mimpinya benar seperti apa yang engkau utarakan, maka Ibnu Zubair akan dibunuh oleh Abdul Malik bin Marwan.

Adapun Abdul Malik sendiri akan melahirkan empat orang putra yang semuanya kelak menjadi khalifah. Ketika tafsiran mimpi itu sampai ke telinga Abdul Malik, raja dari Dinasti Umayyah itu sangat senang.

Cucu Rasulullah SAW, Hasan bin Ali, pernah bermimpi, seolah-olah terdapat tulisan Qul Huwallahu Ahad pada kedua matanya. Lantas, cerita tentang mimpi itu disampaikan kepada Ibnu al-Musayyib.

Sang alim pembesar tabiin itu berkata, “Jika memang mimpinya benar seperti yang diceritakan itu, katakanlah kepadanya (Hasan) bahwa dirinya tidak akan hidup lebih lama lagi.” Benar saja, beberapa hari sesudah mengalami mimpi itu saudara Husain bin Ali tersebut meninggal dunia.     

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement