Home Video Profil Bintang
Strategi Pemenangan Pilkada

JAKARTA-- Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Irman Gusman, menegaskan pemilihan kepala daerah kini bukan lagi selera pemerintah melainkan selera masyarakat. Kecenderungan pilkada saat in lebih banyak menggunakan scientific approach (pendekatan ilmiah), ketimbang pendekatan lobi. Ia berpendapat kalau zaman dulu pemilihan kepala daerah identik dengan jalur ABG (ABRI, Birokrasi, Golkar), saat ini hal itu tidak lagi relevan.  

Demikian pernyataan ketua DPD saat membuka seminar Strategi Pemenangan Pilkada yang berlangsung di Jakarta, Kamis (25/3). Turut hadir dalam acara tersebut Menteri Dalam Negeri, Gamawan Fauzi dan Pemimpin Redaksi Republika, Ikhwanul Kiram Mashuri.

Pelaksanaan Pilkada di era demokrasi terbuka membuat para calon kandidat dituntut untuk mampu menjual figur. Sebab itu, Irman Gusman melihat pentingnya keberadaan survei ilmiah untuk mengetahui animo masyarakat. Dengan pendekatan ini setiap calon bisa menyiapkan strategi yang tepat dan cepat ketimbang strategi konvensional.

Dikesempatan terpisah, Menteri Dalam Negeri, Gamawan Fauzi melihat pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) secara langsung berdampak pada terjadinya transfer kekuasaan dari pusat ke daerah. Namun demikian, bukan berarti kekuasaan daerah sama sekali lepas dari pemerintah pusat.

Wacana terakhir yang kini berkembang, Pemerintah berencana menjadikan gubernur sebagai perwakilan pusat di daerah. Hal itu disebabkan, kewenangan daerah lebih banyak dipegang Bupati ataupun walikota. Mendagri menyatakan, menjadi gubernur tidak lagi merupakan jabatan tertinggi di daerah. Oleh karena itu, posisi gubernur nantinya diibaratkan menjadi menteri wilayah, sedangkan jabatan seperti mendagri merupakan jabatan sektoral.

Wacana itu kini telah didiskusikan. Namun Mendagri belum bisa memutuskan apakah wacana itu akan diterapkan. Bila wacana itu benar-benar terwujud, anggaran untuk alokasi pemilihan gubernur bisa dialihkan ke sektor yang lebih membutuhkan.


Redaktur : Sadly Rachman
Reporter : Agung Sasongko