Rabu 29 Feb 2012 04:36 WIB

Kabupaten Agam Butuh 1429 Guru SD

Guru di daerah terpencil. (ilustrasi)
Foto: www.komhukum.com
Guru di daerah terpencil. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, -- Masalah pendidikan masih menjadi momok bagi bangsa Indonesia. Di kabupaten Agam, Sumatera Barat masih kekurangan sebanyak 1.429 orang guru sekolah dasar (SD).

"Kabupaten Agam kini masih kekurangan guru kelas, guru olahraga dan guru agama untuk SD sebanyak 1.429 orang," kata Kepala Bidang Pendidikan Sekolah Dasar Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Agam Marjunis Habjet di Lubukbasung, Rabu.

Dia merinci, kekurangan 1.429 orang guru tersebut terdiri atas guru kelas kurang sebanyak 1.006 orang, guru agama 111 orang dan guru olahraga 286 orang. Sementara jumlah guru di Kabupaten Agam saat ini sebanyak 3.023 orang yang berada di 446 SD yang ada, sedangkan kebutuhan guru sebanyak 4.423 orang.

"Kekurangan ini disebabkan ada sebagian guru yang sudah pensiun atau mendapatkan promosi pada jabatan lainnya," jelasnya.

Untuk mengatasi kekurangan guru itu, Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Agam akan melakukan analisis kekurangan guru dari tahun 2012 sampai 2015 yang akan dijadikan acuan untuk menambah kekurangan guru tersebut.

Selain itu, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga setempat akan memanfaatkan guru non pegawai negeri sipil (PNS) yang selama ini sudah mengajar dengan honorarium yang berasal dari Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

Jumlah guru non PNS di Kabupaten Agam sendiri sebanyak 2.255 orang dari 10.230 orang jumlah guru. Mereka mengajar mulai di tingkat SD sampai tingkat SMA.

Terkait wacana pengangkatan guru non PNS menjadi PNS, Sekretaris Disdikpora Kabupaten Agam Ediosman mengatakan masih menunggu petunjuk dari BKD, karena hingga kini surat edaran itu belum sampai ke Disdikpora.

"Kemungkinan dalam waktu dekat ini disampaikan oleh BKD ke Disdikpora dan guru Non PNS ini sudah bisa melengkapi persyaratan mereka," katanya.

,

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement