Ahad 26 Feb 2012 20:31 WIB

Alhamdulillah, Sumut Segera Miliki Islamic Center Senilai Rp 60 Miliar

REPUBLIKA.CO.ID,  MEDAN -- Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Gatot Pujo Nugroho, mengatakan, Pemerintah Provinsi Sumut mengalokasikan dana pembangunan Islamic Center pada APBD Tahun Anggaran 2012 sebesar Rp 60 Miliar. Pembangunan Islamic Center itu untuk menjawab keinginan masyarakat Sumut akan hadirnya tempat peribadatan yang representatif dan sekaligus berfungsi sebagai pusat pemberdayaan bagi masyarakat muslim Sumut.

Gatot mengatakan itu dalam sambutannya pada acara Peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW 1433 H di Masjid Raya Aceh Sepakat. Menurut Gatot Pembangunan Islamic Centre di Sumatera Utara sangatlah penting, dan sudah menjadi kebutuhan pemberdayaan umat.

"Islamic Center memiliki banyak fungsi selain sebagai pusat kegiatan ibadah dan penguatan persatuan dan silaturrahim umat Islam. Fungsi lain yang diemban, diantaranya sebagai pusat pemberdayaan ekonomi umat yang sesuai dengan norma-norma Islam, sebagai pusat pengembangan pendidikan Islam dan penerapan konsep-konsep Islam secara integratif dan konprehensif, sebagai pusat jaringan kerjasama antara institusi Islam yang telah ada dan yang akan lahir," katanya.

Sebelumnya penceramah Al Ustadz Amiruddin mengatakan bahwa masyarakat begitu menginginkan kehadiran masjid yang representatif di Sumut yang dapat dibuktikan dengan banyaknya elemen masyarakat yang berkenan membantu pendanaannya. Amiruddin mengungkapkan bahwa sekitar 200 pengusaha yang merupakan etnis minang yang ada di Sumut sudah berkomitmen ikut mendanai pembangunan masjid dengan masing-masing pengusaha berani menyumbang Rp 100 juta.

Menanggapi hal tersebut Gatot menyatakan keyakinannya bahwa tidak saja etnis Minang yang berniat membantu pendanaan pembangunan masjid yang akan menjadi kebanggaan warga Sumut tersebut. “Saya yakin banyak elemen masyarakat lain yang juga mau berpartisipasi mewujudkan Islamic Center, “ kata Gatot.

Oleh karennya Gatot meyakinkan bahwa masyarakat memiliki andil besar dalam mewujudkan pembangunan Islamic Center yang akan menjadi pusat pengembangan peradaban Islam di Sumatera Utara tersebut.

Kepada ratusan umat yang hadir Gatot juga mengingatkan agar kembali meneladani sikap Rasul dan menjadikannya sebagai sumber inspirasi dan idola. “Dengan menghadirkan sosok rasul dalam kehidupan kita, maka sikap-sikap rasul akan dihadirkan dalam ahlak keseharian kita dan mudah-mudahan dapat menjadi ciri dan karakter kaum muslim,” ujar Gatot

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement