Kamis 16 Feb 2012 04:12 WIB

Canggih, PDAM Pakai Satelit untuk Kenali Pelanggan

Satelit
Foto: blogspot
Satelit

REPUBLIKA.CO.ID, BANJARMASIN---Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Bandarmasih, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, memanfaatkan foto satelit untuk mengidentifikasi pelanggan di kawasan kota itu. "Dengan adanya foto satelit maka 137 ribu pelanggan PDAM bisa diketahui keberadannya," kata Direktur Utama PDAM Bandarmasih, Kota Banjarmasin Ir Muslih.

 

Muslih mengakui, foto satelit tersebut sudah selesai dibuat dan siap dimanfaatkan. Keberadaan foto satelit yang dibuat oleh sebuah lembaga konsultan asal Jakarta dengan dana pengambilan foto sekitar Rp 2,4 miliar tersebut kemudian dipaparkan pula oleh sebuah perusahaan konsultan pula asal Jakarta.

Menurut Muslih, foto satelit itu bukan hanya identifikasi pelanggan, tetapi juga bisa digunakan untuk kantor pajak, khususnya untuk mengetahui keberadaan wajib pajak, seperti Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

Foto tersebut juga bisa digunakan untuk pendataan oleh kantor Badan Pusat Statistik (BPS) atau untuk peta kota yang bisa digunakan berbagai instansi.

Menurut dia, hasil foto satelit tersebut nantinya diserahkan kepada Pemkot Banjarmasin selaku pemilik PDAM setempat sehingga bagi siapa saja yang ingin memanfaatkan foto tersebut dipersilahkan saja menghubungi Pemkot Banjarmasin.

Ia mengakui pula pemanfaatan foto satelit untuk database PDAM tersebut merupakan yang kedua setelah PDAM Kota Malang (Jawa Timur). Sementara PDAM lainnya belum memanfaatkannya.

Dengan adanya foto satelit bisa diketahui keberadaan pelanggan termasuk klasifikasi pelanggan rumah tangga, pelanggan industri atau pelanggan sosial. Selain itu, kata dia, bila terjadi kerusakan maka akan mudah mencari titik kerusakan berdasarkan foto tersebut.

 

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement