Jumat 02 Dec 2011 15:15 WIB

Ini Ramalan Tokoh Baduy tentang Ekonomi Indonesia 2012

warga Baduy
Foto: Andi Nur Aminah/Republika
warga Baduy

REPUBLIKA.CO.ID, LEBAK - Sejumlah tokoh masyarakat Suku Baduy di pedalaman Kabupaten Lebak, Banten, memprediksikan tahun 2012 pertumbuhan ekonomi Indonesia meningkat karena semakin membaiknya situasi keamanan dan penegakan hukum.

"Saya yakin perekonomian Indonesia bangkit jika negara tanpa ada gangguan keamanan," kata seorang tokoh Suku Baduy yang juga menjabat Kepala Pemerintahan Desa Kanekes Kecamatan Leuwidamar Dainah saat menghadiri hari ulang tahun (HUT) Lebak ke-183 di Rangkasbitung, Jumat.

Ia mengatakan, selama ini pemerintah dinilai berhasil menciptakan keamanan dan kondusifitas di kalangan masyarakat sehingga kehidupan semakin toleransi dan kedamaian.

Sebab Indonesia penduduknya memiliki keberagaman agama, budaya, suku, bahasa atau Bhineka Tunggal Ika. Oleh karena itu, kata dia, dengan keberagaman itu tentu menjadikan kekuatan untuk persatuan dan kesatuan bangsa.

Apabila terwujud kedamaian, toleransi dengan kuat persatuan dan kesatuan dipastikan dapat meningkatkan kesejahteraan. "Dengan hidup bersatu serta berdampingan tentu akan berdampak terhadap peningkatan ekonomi masyarakat," ujar Dainah.

Begitu pula tokoh Baduy lainya, Jaro Tangtu 12 Sami mengatakan, warga Baduy yang berpenduduk 11.000 jiwa sangat mencintai kedamaian dan mendukung program-program pemerintah. Program pemerintah harus didukung karena dapat mensejahterakan masyarakat. "Kami sejak dulu mendukung program pemerintah dengan menciptakan keamanan dan kedamaian. Bahkan, warga Baduy hingga kini belum ditemukan berurusan dengan hukum," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Wadah Musyawarah Masyarakat Baduy (WAMMBY) Kasmin Saelani mengaku selama ini masyarakat Baduy mencintai kedamaian dengan sesama manusia karena bisa meningkatkan kesejahteraan

Selain itu juga warga Baduy mencinatai pelestarian lingkungan alam agar tidak rusak.

Sebab jika pelestarian alam rusak dipastikan akan mendatangkan bencana alam, seperti banjir, longsor dan kekeringan.

"Kami meminta rakyat Indonesia semakin rukun, damai, toleransi dan saling mencintai sehingga dapat menumbuhkan ekonomi yang baik bagi kehidupan masyarakat," kata Kasmin tokoh Baduy yang kini duduk di DPRD Provinsi Banten.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement