Jumat 21 Oct 2011 10:25 WIB

Arkeolog Temukan 13 Situs Candi Perwara di Sekitar Candi Plaosan Lor

Candi Plaosan
Foto: Tripod
Candi Plaosan

REPUBLIKA.CO.ID, KLATEN -- Tim Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Jawa Tengah kembali mendeteksi keberadaan 13 situs buah Candi Perwara di komplek Candi Plaosan. Persisnya, berada di Dukuh Dengok Wetan, Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten.

 

Situs Candi Perwara ini terdeteksi persisnya berada disamping pagar kedua disebelah Utara Candi Plaosan. Temuan ini semakin menambah aset khasanah peninggalan sejarah dikawasan wilayah Kecamatan Prambanan.

 

Ketua Unit Candi Plaosan, Winarto, mengatakan, keberadaan situs Candi Perwara sebenarnya sudah terdeteksi sejak beberapa waktu lalu. Hanya saja, saat ini belum bisa melakukan penggalian lantaran terkendala status tanah yang merupakan hak milik kas Desa Bugisan.

 

“Tim baru akan melakukan penggalian jika sudah dilakukan pembebasan tanah. Kemungkinan dalam waktu dekat ini akan segera dilakukan jika sudah ada dananya,” jelas Winarto.

 

Winarto menerangkan, saat ini tim baru melakukan penggalian beberapa stuktur pendukung Candi Plaosan lainnya. Seperti, berupa dinding parit dan pagar ketiga yang berlokasi di Dukuh Dengok Wetan, Desa Bugisan.

 

“Penggalian ini merupakan temuan baru dan setelahnya masih ada pagar keempat yang merupakan pagar terakhir,” imbuh Winarto.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement