Selasa 18 Oct 2011 20:54 WIB

NTB Programkan Mega Minapolitan Teluk Saleh

Provinsi NTB
Foto: Google
Provinsi NTB

REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM – Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), mulai memprogramkan mega minapolitan Teluk Saleh, Kecamatan Plampang, Kabupaten Sumbawa, untuk menjadi kawasan industri maritim terpadu.

"Kami sudah koordinasikan dengan pusat untuk mengembangkan mega minapolitan di Teluk Saleh dan ditanggapi dengan baik," kata Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), H Badrul Munir, di Mataram, Selasa (18/10).

Teluk Saleh meliputi wilayah perairan Empang, Plampang, Lape/Lopok dan Moyo Hilir di Kabupaten Sumbawa. Sebagian wilayah Teluk Saleh berada di Kecamatan Manggelawa dan Kecamatan Kempo, Kabupaten Dompu.

Badrul mengatakan, rencana pengembangan Teluk Saleh menjadi kawasan mega minapolitan industri maritim terpadu itu sudah diprogramkan untuk beberapa tahun anggaran, yang akan dimulai pada 2012.

Minapolitan merupakan kerangka berpikir dalam pengembangan agribisnis berbasis perikanan di suatu daerah, atau suatu wilayah yang berisi sistem agribisnis berbasis perikanan dengan penggeraknya usaha agribisnis. Namun, keberhasilan pengembangan minapolitan sangat ditentukan ketika memilih pusat-pusat usaha perikanan lalu diciptakan sistem agribisnis di dalamnya sehingga bisnisnya akan berkembang.

"Kami (NTB) melibatkan mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Prof DR Rokhmin Dahuri, MS dan sejumlah peneliti Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), untuk membantu mengembangkan kawasan mega minapolitan di Teluk Saleh itu," ujarnya.

Menurut dia, penyusunan Kawasan Perencanaan dan Pengelolaan (KPP) perairan guna menata pengelolaan perikanan di perairan Teluk Saleh, sudah dilakukan hingga diketahui potensi nilai produksi agribisnis perikanan sekitar Rp 11,6 triliun per tahun. Nilai produksi itu diharapkan bersumber dari udang, rumput laut dan ikan kerapu serta dari keragaman ikan bersirip yang banyak dijumpai di kawasan itu.

"Untuk tahap awal ditargetkan nilai produksi sekitar Rp 1,4 triliun per tahun. Dan memang KPP Teluk Saleh itu merupakan salah satu kawasan perairan yang memiliki potensi bagi pengembangan pelestarian sumber daya perikanan dalam jumlah yang memadai," ujarnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement