Sabtu, 4 Zulqaidah 1435 / 30 Agustus 2014
find us on : 
  Login |  Register

Calon Mantu Sri Sultan HB X Jalani Prosesi 'Nyantri'

Minggu, 16 Oktober 2011, 13:36 WIB
Komentar : 0
Antara
Sri Sultan Hamengkubuwono X
Sri Sultan Hamengkubuwono X

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA - Calon menantu Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X, Achmad Ubaidillah atau KPH Yudanegara menjalani prosesi 'nyantri' di Bangsal Kasatriyan Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Ahad (16/10).

Prosesi itu dimaksudkan untuk mendekatkan KPH Yudanegara dengan keluarga keraton sebelum melangsungkan pernikahan dengan putri bungsu Raja Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat Sri Sultan Hamengku Buwono X, GKR Bendara.

Prosesi dimulai dengan penjemputan calon pengantin putra di Ndalem Mangkubumen. Adik Sultan, KGPH Hadiwinoto mengutus KRT Jatiningrat dan KRT Yudahaningrat untuk menjemput KPH Yudanegara beserta keluarga yang tinggal di Ndalem Mangkubumen.

Selanjutnya penjemput dan calon pengantin putra beserta keluarga menaiki tiga kereta, yakni Kyai Kutha Kaharjo, Kyai Puspaka Manik, dan Kyai Kus Gading dikawal oleh prajurit berkuda melewati kawasan Ngasem menuju Magangan.

Di Regol Magangan, rombongan KPH Yudanegara beserta keluarga disambut kerabat Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat untuk selanjutnya menuju Bangsal Kasatriyan. Di depan Bangsal Kasatriyan, rombongan calon pengantin putra disambut adik Sultan, KGPH Hadiwinoto.

Menurut abdi dalem keraton Mas Wedhana Rono Wiratmo, tradisi nyantri dahulu dilakukan 40 hari menjelang pernikahan. Namun, saat ini, seiring dengan perkembangan zaman, tradisi 'nyantri' dilakukan secukupnya dan seperlunya saja menjelang pernikahan.

"'Nyantri' bertujuan untuk mengenalkan calon pengantin putra kepada anggota keluarga keraton, agar dapat lebih mengenal calon menantu," katanya.

Redaktur : Djibril Muhammad
Sumber : Antara
Seorang wanita masuk neraka karena mengikat seekor kucing tanpa memberinya makanan atau melepaskannya mencari makan dari serangga tanah((HR. Bukhari))
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Inter Milan Gasak Stjarnan
MILAN -- Inter Milan tumbangkan Stjarnan dengan skor teak 6-0 dalam play-off second leg Liga Eropa di Stadion San Siro,  Jumat (29/8). Inter yang...