Wednesday, 4 Safar 1436 / 26 November 2014
find us on : 
  Login |  Register

150 Angkringan Gratis Disuguhkan dalam Pesta Rakyat Pernikahan Putri Sultan HB X

Sunday, 16 October 2011, 12:36 WIB
Komentar : 1

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA - Pesta rakyat mangayubayo pernikahan agung GKR Bendoro dengan KPH Yudanegara akan menghadirkan sebanyak 150 angkringan yang akan disediakan di sekitar Plaza SO 1 Maret Kompleks Benteng Vredeburg Yogyakarta dan sepanjang Malioboro pada Senin dan Selasa (17 dan 18 Oktober) besok.

Hal itu dikemukakan Ketua Sekretaris Bersama Keistimewaan DIY Widihasto Wasana Putra pada Republika, Ahad (16/10). Pada Senin dan Selasa masing-masing akan disediakan 75 angkringan dan setiap angkringan bisa untuk sekitar 250-300 orang. 
"Pada hari Senin angkringan disediakan  pukul 15.00 - 24.00, sedangkan hari Selasa angkringan disediakan pukul 14.00-22.00 WIB," tuturnya.

Angkringan tersebut akan menyediakan makanan khas yang dikenal dengan sego kucing. Angkringan tersebut merupakan sumbangan sukarela dari berbagai perusahaan swasta, perguruan tinggi, organisasi profesi, komunitas hobbi, komunitas sosial serta individu.

Pada Senin (17/10) ditampilkan sejumlah grup kesenian anak yakni nyanyi dolanan bocah Jogja ceria, kolaborasi theklek jathilan oleh sanggar melati indah Gunungkidul, musk ansamble sekola alternatif bosskid Gunungkidul, tari kreasi sanggar kunang-kunang Bantul, tari Ndolalak Sanggar Bina Karya Mandiri Purworejo, Tari  Kijang, Sanggar Garuda Bantul, Sanggar Cera Sudagaran Tari Soyong. 

Selanjutnya pada malam harinya pukul 19.00-22.00 WIB diisi pertunjukan malam sastra Malioboro oleh sekitar 10 paguyuban Sastrawan Mataram dipimpin Sigit Sugito dan sejumlah penyair yang akan membacakan puisi karya Ragil Progolopati yang hilang di Gua Langse Panggang 21 tahun silam.

Pada pukul 22.00-24.00 acara Kidung Pandongan Malam Miodareni yang akan diisi dengan kesenian macapatan yang materinya antara lain: werdinipun surat Al-Fatihah, Al Ikhlas, Al Falaq, Kidung Pandonga Malam Midodareni.

Pada Selasa (18/10) berbagai kesenian se-DIY dan derah lain di Indonesia bergiliran akan tampil antara lain: grup reog dari Pemkab Boyolali, Tarian dari Dinas Pariwisata Kota Solo, Tarian Caci Kabupaten Manggarai, Tari Likurai dari NTT, Tari daerah Dayak, Pantomime sanggar sermin gamelan anak, jathilan Kulonprogo.

Lebih lanjut Widihasto mengatakan Sekber Keistimewaan juga akan menyelenggarakan lomba foto dengan dua tema yakni: Pesta Rakyat Mangayobagyo Pernikahan Agung GKR Bendara dan KPH Yudanegara dan Kirab Pengantin GKR endara dan KPH Yudanegara. Foto yan dilombakan diirim ke: nikahagung@gmail.com paling lambat tanggal 25 Oktober 2011. Satu orang peserta dibatasi hanya boleh mengirimkan 10 buah foto.
 

Reporter : Neni Ridarineni
Redaktur : Djibril Muhammad
Buta yang paling buruk ialah buta hati.((HR. Asysyihaab))
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Pengertian akan Pemanfaatan Air Harus Sejak Usia Dini
JAKARTA -- Memperingati hari pendidikan dan kesehatan, PT PAM Lyonnaise JAYA (Palyja) mengundang beberapa sekolah dasar (SD) untuk berkunjung ke tempat intalasi air...