Senin 26 Sep 2011 13:29 WIB

Helikopter Newmont Jatuh, Dua Tewas Terbakar

Lokasi tambang terbuka milik PT Newmont Nusa Tenggara di Batu Hijau , Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat.
Foto: Antara/Prasetyo Utomo
Lokasi tambang terbuka milik PT Newmont Nusa Tenggara di Batu Hijau , Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat.

REPUBLIKA.CO.ID,SUMBAWA - Helikopter milik perusahaan penerbangan Air Fash yang disewa PT Newmont Nusa Tenggara --perusahaan tambang emas dan tembaga-- dilaporkan jatuh sekitar 2.500 meter dari atas pegunungan Desa Kemilas, Kecamatan Ropang, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Dandim 1607 Sumbawa, Letkol Inf A Eko Mulyadi, yang dihubungi Antara, Senin (26/9), mengatakan bahwa tim SAR berjumlah 24 orang terdiri dari TNI, Polri dan masyarakat menemukan bangkai pesawat sekitar pukul 11.00 Wita.

"Di lokasi, tim SAR menemukan dua jenazah yang diketahui Pilot dan Copilot dalam kondisi terbakar," katanya.

Korban tewas terdiri dari Kapten Agus Khaeruddin warga jalan wijaya Kusuma 6 No. 15 perumahan Jasmin Garden, Bogor Jawa Barat. Korban lainnya adalah Ari Palimpung asal Manado Sulawesi Utara. Keduanya dilaporkan awak perusahaan penerbangan Air Fash.

Saat ini tim yang terdiri dari anggota Koramil Ropang, Brimob dan Tarunan Tanggap Bencana (Tagana) tengah melakukan upaya persiapan evakuasi. ''Sebagian tim SAR juga melakukan upaya evakuasi terhadap para korban langsung dari udara,'' katanya.

Bersama tim SAR, pihaknya juga menerjunkan tim medis dan anggota TNI yang sebelumnya telah berada di lokasi. Menurut rencana, proses evakuasi akan dimulai sekitar pukul 14.00 wita dengan rute darat menuju Desa Kalimanas. "Dari Kalimanas, jenazah diangkut helikopter ke Bandara Brang Biji dan diteruskan ke rumah sakit Bayangkara Mataram untuk dilakukan otopsi," tandasnya.

Hingga berita ini diturunkan, belum diketahui penyebab utama kecelakaan naas itu. Sejumlah pihak berwenang dilaporkan tengah menuju lokasi untuk melakukan penyelidikan.

Halikopter Air Fash sebelumnya dilaporkan hilang saat terbang dari kamp `Elang' menuju kamp Newmont di Lamurung, Kecamatan Ropang, Sumbawa Besar. Nusa Tenggara Barat, Ahad (25/9) sekitar pukul 13.42 Wita.

Petugas di area pendaratan helikopter melaporkan kontak terakhir berlangsung sekitar pukul 13.42 wita. Heli itu awalnya dikabarkan mengangkut tiga penumpang yang terdiri dari pilot, copilot dan karyawan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement