Senin 26 Sep 2011 11:26 WIB

Polisi Sumenep Belum Periksa Nahkoda Perahu yang Tenggelam di Raas

Peta kepulauan Madura (ilustrasi).
Foto: reva63.blogspot.com
Peta kepulauan Madura (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, SUMENEP – Tim Kepolisian Resor Sumenep, Jawa Timur, hingga Senin (26/9) pagi, belum memeriksa nahkoda perahu yang tenggelam di antara perairan Pulau Tonduk dan Guagua, Kecamatan Raas.

"Kondisi nahkoda perahu, Suriyansah, masih syok. Kami tidak mungkin memaksakan diri untuk meminta keterangan kepada nahkoda perahu tersebut," kata Kepala Bagian Operasional Kepolisian Resor Sumenep, Kompol Edi Purwanto, Senin (26/9).

Pada Sabtu (24/9) pagi, perahu motor "Putri Tunggal" yang mengangkut rombongan kerabat pengantin dari Pulau Guagua, tenggelam. "Hingga Senin pagi ini pula, kami belum berani memastikan jumlah penumpang yang naik perahu naas tersebut," tambah Kompol Edi.

Sesuai laporan yang diterima dari anggotanya yang dikirim ke Raas, jumlah penumpang perahu yang ditemukan tewas sebanyak 13 orang. Sementara jumlah penumpang yang selamat sebanyak 23 orang. "Namun itu masih angka sementara, karena hingga Senin pagi ini, belum diketahui secara pasti jumlah penumpang perahu tersebut," ujarnya.

Edi juga mengemukakan, hingga sekarang Tim Kepolisian Resor Sumenep masih berada di Pulau Guagua untuk melakukan penyisiran guna mencari kemungkinan masih adanya korban perahu tenggelam itu.

Data yang diterima dari Camat Raas, Eko Junaidi, pada Ahad (25/9) malam, jumlah penumpang tewas sebanyak 13 orang. Dan penumpang selamat sementara, termasuk nahkoda sebanyak 21 orang.

Perahu tenggelam tersebut mengangkut rombongan kerabat warga Pulau Guagua yang menikah dengan warga Tonduk pada Jumat (23/9). Kemudian, pada Sabtu (24) sekitar pukul 07.00 WIB, perahu itu berangkat dari Tonduk ke Guagua dengan mengangkut kerabat pengantin.

Namun di tengah perjalanan tepatnya sekitar pukul 09.00 WIB, perahu tersebut tenggelam akibat dihantam ombak. Informasi yang berkembang di kalangan warga setempat, jumlah penumpang perahu naas tersebut sebanyak 40 orang.

Raas adalah salah satu dari sembilan kecamatan kepulauan di Kabupaten Sumenep.

Dua dari sembilan desa di Raas merupakan pulau tersendiri, yakni Guagua dan Tonduk. Ibukota Kecamatan Raas termasuk kantor kecamatan, berada di Pulau Raas.

Dalam kondisi normal, perjalanan laut antara Pulau Guagua dengan Tonduk membutuhkan waktu sekitar dua hingga tiga jam. Sementara perjalanan laut antara Pulau Raas dengan Guagua sekitar tiga hingga empat jam, dan Raas dengan Tonduk sekitar 45 menit hingga satu jam.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement