Selasa 20 Sep 2011 21:11 WIB

Kebakaran Balai Pemuda Surabaya Diduga karena Percikan Api Las

Rep: C01/ Red: Djibril Muhammad

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA - Penyebab kebakaran di Balai Pemuda Surabaya, Selasa (20/9) sore diduga berasal dari percikan api las. Sebelum terjadi kebakaran, Gedung Balai Pemuda Surabaya sedang direnovasi.

Renovasi tersebut berdasarkan informasi dari Dinas Cipta Karya Kota Surabaya yang diterima Wakil Walikota setempat, Bambang Dwi Harianto. Kebakaran sebelumnya terjadi di atas atap gedung pertemuan Balai Surabaya.

"Ada yang mengatakan api berasal dari api las. Tapi masih harus dicari lagi penyebabkan," ujarnya.

Selain percikan api, Bambang mengatakan ada saksi mata yang mendengar ledakan dari atap gedung pertemuan. Api yang membakar gedung pertemuan menghanguskan atap dan sebagian gedung.

Padahal, Balai Pemuda termasuk gedung cagar budaya. Menurut Kabid Pencegahan Dinas Pemadam Kebakaran Kota Surabaya, Arif Bekti mengatakan ledakan tersebut kemungkinan berasal dari asbes yang terbakar.

Dengan suhu diatas 100 derajat celcius, asbes akan meledak. "Ledakan itu dari asbes yang dipasang di langit-langit gedung," tuturnya.

Penyebab kebakaran sendiri belum dapat disimpulkan oleh Dinas Pemadam Kebakaran. Arif mengatakan pihaknya akan menunggu tim labfor untuk menyimpulkan penyebab kebakaran. "Kita belum tahu penyebab kebakaran. Tunggu saja tim labfor dari Polres," katanya menandaskan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement