Kamis 01 Sep 2011 15:19 WIB

Gara-Gara 'Running Text' Gunung Tambora Siaga, Warga Panik

Gunung Tambora di Sumbawa
Foto: Istimewa
Gunung Tambora di Sumbawa

REPUBLIKA.CO.ID, DOMPU-- Kabar tentang peningkatan aktivitas Gunung Tenbora di Kecamatan Pekat kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat, dalam status siaga seperti membuat panik warga setempat.

"Kami sempat mau mengungsi ke tempat yang lebih aman namun batal kami lakukan setelah salah satu warga yang baru turun dari Tambora," kata Hasanuddin, Kepala Desa Pancasila Kecamatan Pekat, Dompu, saat dihubungi di Dompu, Kamis.

Desa Pancasila merupakan daerah terdekat gunung yang pernah meletus pada tahun 1815 dan memakan korban terbanyak selama letusan gunung berapi terjadi di dunia itu. Ia menambahkan, sempat beberapa kali terdengar suara gemuruh di sekitar desanya. Warga menduga itu suara aktivitas penambangan pasir di sekitar desanya.

"Kami kaget ketika melihat 'running text' salah satu TV swasta menyebutkan Tambora siap meletus," katanya.

Ahmaddin, warga Dusun Sila Dharma Desa Pancasila Kecamatan Pekat, mengatakan, ia sempat melihat kepulan asap putih pekat ke luar dari Tambora.

Bahkan, pada Senin (29/8), ia hendak pulang setelah melakukan perburuhan di hutan tersebut sempat dikejutkan dengan suara gemuru yang diyakini sebagai peningkatan aktivitas gunung Tambora. "Saya tidak berani bercerita kepada warga yang lain, karena khawatir warga panik," katanya.

Saat ini warga setempat tetap mewaspadai kondisi di sekitarnya dan siap mengungsi bila terjadi sesuatu terhadap gunung tersebut.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement