Ahad 21 Aug 2011 07:20 WIB

Pertamina Diminta Jamin Ketersediaan BBM hingga Lebaran

Sejumlah warga dengan jerigen menyerbu sebuah SPBU (ilustrasi)
Foto: Antara
Sejumlah warga dengan jerigen menyerbu sebuah SPBU (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,MINAHASA - Bupati Minahasa Utara, Provinsi Sulawesi Utara, Sompie Singal, meminta kepada pihak pertamina agar menjamin ketersediaan bahan bakar minyak hingga Lebaran (Idul Fitri) 2011.

"Mengingat hari raya Idul Fitri semakin dekat, bahkan merupakan ajang silahturahim bagi umat Muslim, maka Pertamina pun harus menjamin ketersediaan BBM," katanya di Minahasa Utara, Ahad (21/8).

Bahkan, lanjut Singal, bukan tidak mungkin umat non-Muslim pun akan saling bersilahturahim dengan saudaranya yang merayakan Lebaran. Hal itu membutuhkan mobilitas yang menggunakan BBM.

"Karena Sulawesi Utara, salah satunya Minahasa Utara, dikenal dengan daerah yang toleransi antarumat beragamanya cukup tinggi,'' katanya. ''Maka, hari raya Idul Fitri inipun pastinya akan dijadikan sebagai momen silahturahim bagi kerabat Muslim dan non-Muslim serta juga sanak saudara dari umat Muslim itu sendiri.''

Untuk itulah, Singal mengatakan akan sangat mengkhawatirkan ketika stok BBM di setiap SPBU-SPBU, khususnya di Kabupaten Minahasa Utara ini, tidak ada. "Jika BBM habis, bukan mustahil akan berdampak keresahan bagi masyarakat umum. Karena, bahan minyak adalah salah satu sarana yang menjamin aktivitas melalui transportasi darat," katanya.

Bahkan, Singal mengatakan pengawasan terhadap pembelian BBM melalui galon harus menyeluruh. "Memang pembelian galon itu sangat berarti bagi desa-desa yang sulit menjangkau SPBU, tapi tidak harus melakukan pemborongan BBM," ujarnya. "Karena ketersediaan BBM di setiap SPBU menjamin kelancaran lalu lintas, maka perlu adanya pengertian dan peran semua pihak," katanya menambahkan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement