Ahad 14 Aug 2011 13:35 WIB

Polda Turunkan 2.500 Polisi Amankan Lebaran

Rep: Yoebal Rasyid/ Red: Djibril Muhammad

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN - Menyambut Hari Raya Idul Fitri dan liburan panjang Lebaran tahun 2011, Polda DI Yogyakarta akan menerjunkan 2.500 petugasnya. Kapolda Brigjen Pol Tjuk Basuki mengatakan para petugas ini akan diterjunkan ke sejumlah wilayah di Yogya, seperti di pusat-pusat keramaian dan tempat-tempat wisata.

"Kita tahu bahwa selama ini, Yogyakarta selalu menjadi tempat singgah para pemudik. Padahal, bukan tujuan mudiknya," katanya Tjuk Basuki, Sabtu, saat mengunjungi kawasan lereng Merapi, Cangkringan, Sleman, Ahad (14/8).

Menurut Kapolda, para polisi ini juga nantinya akan terjun mengamankan arus mudik maupun arus balik. Walau Yogya bukan termasuk lintasan yang potensial untuk parapemudik lebaran di Pulau Jawa, menurut Tjuk, Polda tetap akan mengaktifkan 57 pos jalur mudik.

Pos ini akan mulai beroperasi sejak H-2 Lebaran. Tjuk mengungkapkan mulai H-7 polisi akan terjun mengamankan titik-titik konsentrasi seperti terminal, stasiun dan bandara. Mulai H-2, polisi akan terjun mengamankan tempat-tempat wisata, hiburan dan pusat perbelanjaan.

Di lapangan nanti, kata Kapolda, petugas dari Polda ini akan bekerja sama denan sekitar 700 personil dari instansi-instansi terkait lainnya, seperti dari Satpol PP dan anggota Pramuka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement