Rabu 10 Aug 2011 14:11 WIB

MUI Jatim Sebar Da'i di Lokalisasi

Rep: C01/ Red: Djibril Muhammad
Lokalisasi Dolly
Lokalisasi Dolly

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Timur menempatkan sejumlah da'i di enam lokalisasi di Kota Surabaya. Mereka sebelumnya telah dibekali berbagai materi agar memiliki kapasitas berdakwah di lokalisasi.

"Kita bekali para da'i untuk bisa terjun ke lokalisasi untuk membantu pengentasan para PSK (Pekerja Seks Komersial) dan mucikari," ujar Sekretaris MUI Jatim, Muhammad Yunus, Rabu (10/8).

Dia mengungkapkan pihaknya memberi pelatihan kepada 55 da'i dari enam lokalisasi di Surabaya. Langkah ini merupakan salah satu upaya MUI menyelesaikan masalah lokalisasi. "Kami berharap 2014 nanti, para PSK dan Mucikari bisa dientaskan dari lokalisasi," ujarnya.

Selain kegiatan itu, MUI Jatim memberikan pelatihan kepada para PSK dan Mucikari. Mereka diberi pelatihan ibadah seperti shalat dan membaca Alquran. "Kita ingin mereka sama-sama meningkatkan kualitas iman dan taqwa," ujarnya.

Untuk menunjang pelatihan tersebut, MUI membagikan paket mukena, jilbab dan Alquran kepada 56 pekerja di lokalisasi Bangunsari, Surabaya. Kegiatan itu merupakan kerja sama antara MUI, Pemprov Jatim, Pemkot Surabaya dengan Yayasan Waqaf Alquran Hidayatullah. "Kami berikan paket itu termasuk pelatihan shalat kepada para PSK yang tidak pulang ke kampungnya selama Ramadhan ini," ungkapnya.

Yunus mengungkapkan berbagai kegiatan tersebut untuk mendorong para PSK dan mucikari memiliki inisiatif keluar dari lokalisasi. Dalam kegiatan pembagian paket mukena tersebut, 30 dari 56 PSK mengaku siap untuk dipulangkan ke kampung halamannya. "Kita menyiapkan mental dan spriritual mereka agar kelak tidak kembali lagi bekerja di lokalisasi," ungkapnya.

Bagi PSK dan Mucikari yang siap pulang, MUI akan menyalurkannya ke Pemkot setempat. Yunus mengatakan Pemkot akan didorong untuk menyiapkan dana modal usaha. "Mereka akan dibekali modal agar bisa membuka usaha sesuai pelatihan yang sudah mereka dapat," ujarnya.

Surabaya memiliki enam lokalisasi yang terdata Pemkot setempat yakni Dolly, Jarak, Tambak Asri, Dupak Bangunsari, Sememi, dan Klakahrejo. Di enam lokalisasi tersebut terdata 2.231 PSK pada 2010. Sebagian besar yakni mencapai 1.145 PSK berada di Dolly dan Jarak yang menempati 320 wisma.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement