Sabtu 16 Jul 2011 06:51 WIB

Gunung Lokon Keluarkan Abu dan Asap

REPUBLIKA.CO.ID,MANADO--Gunung Lokon, di Tomohon Sulawesi Utara pada Sabtu sekitar pukul 05.16 wita, meletus dengan mengeluarkan abu setinggi sekitar 300 meter dari kawah bibir gunung tersebut dan hembusan asap. Farid, Ketua Pos Pemantau Gunung Lokon di Tomohon Sabtu mengatakan, hari ini sejak pukul 00.00 wita hingga sekarang telah terjadi dua kali letusan.

Letusan pertama sekitar pukul 02.47 wita dengan tinggi abu letusan sekitar 800 meter diatas bibir kawah, dengan condong kearah barat daya. "Letusan kedua terjadi pada pukul 05.16 wita dengan letusan abu setinggi 300 meter dari bibir kawah. Juga mengeluarkan hembusan asap kawah berwarna putih tebal, dengan tinggi sekitar 200 meter dari bibir kawah," kata Farid.

Dia menambahkan, kegempaan hingga pagi ini yakni gempa vulkanik masih terus terekam begitupula gempa-gempa hembusan. Farid mengatakan, dua letusan yang terjadi itu tergolong kecil, kemungkinan energinya mulai melemah. "Tinggal melihat perkembangan dari aktivitas gunung itu satu dua hari kedepan, apakah energi ini akan terus menurun, "katanya.

Kalau terus menurun kemungkinan akan diturunkan levelnya menjadi siaga, tetapi sampai saat ini status gunung itu masih awas, ujarnya. Sejak meningkatnya aktivitas Gunung Lokon (1.689 meter) pada Sabtu (9/7), dan Minggu (9/7) status gunung tersebut dinaikkan menjadi awas.

Dengan meningkatnya aktivitas gunung itu, tercatat sampai saat ini ada sekitar 4.544 warga berasal dari Kelurahan Kinilow, Kinilow 1 dan Kakaskasen 1 Kota Tomohon, yang telah diungsikan pada sejumlah lokasi. Pengungsi itu tersebar pada enam titik pengungsian di Tomohon, masing-masing SMA Kristen, SMA Kristen Binsus, SMK Kristen 2, SMP 1, SD GMIM 7, dan taman kota.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement