Selasa 11 Aug 2015 11:27 WIB

Universitas Brawijaya Siap Jadi Kampus Kelas Dunia

Rep: Lintar Satria/ Red: Dwi Murdaningsih
Universitas Brawijaya
Foto: panoramio.com
Universitas Brawijaya

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Universitas Brawijaya (UB) mempertahankan sertifikat ISO 9001:2008 dari lembaga asesmen mandiri Lloyd's Register Quality Assurance (LRQA). Ketua Pusat Jaminan Mutu Universitas Brawijaya (PJM UB), Achmad Wicaksono mengatakan mempertahankan ISO 9001:2008 merupakan salah satu upayauntuk mempercepat pencapaian UB menjadi perguruan tinggi kelas dunia.

"Untuk tingkat lokal, kita telah mendapat pengakuan dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) dengan predikat “A” untuk Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT), dan untuk pengakuan tingkat internasional salah satunya melalui lembaga pemberi sertifikasi internasional, seperti LRQA ini," ucap Achmad Wicaksono, Selasa (11/8).

Ia mengatakan, ukuran yang digunakan lembaga internasional ini terhadap UB terletak pada implementasi sistem manajemen mutu yang sesuai dengan persyaratan ISO 9001:2008. Sistem manajemen mutu unit-unit kerja dinilai berdasarkan proses perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan tindak lanjut (PDCA-Plan, Do, Check and Act).

Diakuinya, sistem manajemen mutu UB memang semakin bagus, oleh karena itu setelah mampu mempertahankannya, Rektor UB berencana akan menambah sertifikasi standar ISO 14001 tentang Sistem Manajemen Lingkungan.

"Akan kita tingkatkan dengan menjalankan sistem manajemenlingkungan berdasarkan kriteria ISO14001, dan sebelumnya ISO 14001 ini juga sudah diwacanakan rektor agar mempercepat terwujudnya UB sebagai salah satu green campus terbaik di Indonesia" katanya.

Menanggapi keberhasilan ini, Rektor UB Mohammad Bisri, MSmengatakan ISO 9001:2008 merupakan salah satu standar manajemen internasional yang menjadi salah satujalan menuju World Class University atau perguruan tinggi kelas dunia.

“Oleh karena itu UB harus mempertahankan standar ISO 9001:2008. Selain itu, implementasi ISO juga mendorong sistem manajemen kita menjadi semakin bagus dan semakin bermutu”, katanya.

Rektor UB juga mengatakan jika standar ISO sudah bisa dilaksanakan maka UB akan melangkah ke penilaian sistem manajemen mutu pada tingkat excelent yaitu Malcolm Baldrige.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement