Rabu 15 Jun 2011 23:21 WIB

Sejumlah Masjid di Bogor Gelar Shalat Gerhana

Gerhana bulan (ilustrasi)
Foto: tere-18.blogspot.com
Gerhana bulan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR - Sejumlah masjid di Bogor, Jawa Barat, menggelar shalat gerhana atau shalat Kusufain bertepatan dengan gerhana bulan total yang terjadi Kamis (16/6) pagi ini. Pelaksanaan shalat sunnah gerhana digelar di Masjid Raya Bogor, Jalan Pajajaran Baranangsia, Kota Bogor dan Mesjid Muamar Qaddafi di Babakanmadang, Sentul, Kabupaten Bogor.

"Shalat akan digelar pukul 00.00 WIB," kata Humas Dewan Kemakmuran Mesjid Raya Bogor, Iyus KH, di Bogor, Rabu (15/6) malam. Iyus mengatakan, DKM Mesjid Raya Bogor mengundang masyarakat sekitar untuk bersama-sama melaksanakan shalat gerhana Rabu malam (15/6).

Sementara itu, juru bicara Masjid Muamar Qaddafi, Buana Al Hamsah menyebutkan shalat gerhana dipimpin oleh imam ustad Jalaludin Al Hafizh dan khotib ustad Ferry Nur. "Shalat gerhana akan diisi dengan ceramah agama dan zikir bersama," kata Buana.

Sementara diberitakan sejumlah media, gerhana bulan total pada Kamis (16/6) pagi menurut para ahli merupakan gerhana bulan terlama sepanjang sejarah, yakni mencapai 100 menit. Peneliti astronomi dan astrofisika Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), memperkirakan peristiwa ini berpeluang menjadi salah satu gerhana bulan total terlama sepanjang sejarah.

Lamanya saat total sekitar 100 menit karena posisi bulan nanti dekat dengan pusat bayangan bumi. Lama gerhana bulan total memang bergantung, pertama, jarak lintasan bulan terhadap pusat bayangan bumi, dan kedua, jarak bulan terhadap bumi.

Sejumlah ulama di Jakarta mengimbau umat Islam untuk menunaikan ibadah shalat sunah gerhana bulan. Hukumnya wajib dilaksanakan oleh umat Islam yang beriman.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement