Ahad 12 Jun 2011 16:18 WIB

Ikan Hiu Seberat Dua Ton Terjerat Jaring Nelayan Ciamis

Rep: Djoko Suceno/ Red: Stevy Maradona
Hiu
Hiu

REPUBLIKA.CO.ID,  CIAMIS –Ikan Hiu jenis Naga Bintang seberat dua ton dan panjang enam meter terdampar di Pantai Bojong Salawe, Desa Karang Jaladri, Kecamatan Parigi, Kabupaten Ciamis, Ahad (12/6) sekitar pukul 07.00 WIB.

Ikan Hiu yang tergolong langka tersebut bukannya dilepas ke pantai justr u menjadi bancakan para nelayan. Ikan dengan bobot dua ton tersebut dipotong-potong dan dijual oleh para nelayan setempat.

Terdamparnya ikan tersebut berawal ketika para nelayan hendak mendarat setelah semalaman melaut. Menurut M Sain (54 tahun), salah seorang nelayan, saat menarik jaring trasa berat sekali.

Ia tak curiga kalau dalam jarring tersebut terdapat ikan Hiu raksasa. Baru setelah sampai di tepi laut, ia dan teman-temannya mengetahui bahwa seekor ikan Hiu telah terjaring. ‘’Kami kemudian menariknya ke pinggir pantai,’’kata dia.

Saat dibawa ke tepi pantai, lanjut Sain, kondisi ikan tersebut sudah lemas. Nelayan dan warga setempat, kata dia, langsung memotong-motong ikan tersebut. Sebagian warga mengambil daging ikan tersebut untuk dikonsumsi sendiri, sementara warga lainnya memotong untuk dijual ke pasar.

Dikatakan sain, terdamparnya ikan hiu jenis ini baru pertama kali terjadi di Pantai Bojong Salawe. Ia mengungkapkan, dengan terdamparnya ikan hiu tersebut sebagai tanda musim paceklik ikan akan segera berakhir.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement